Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Karya Seni Renaisans Paling Terkenal

Kompas.com - 12/10/2021, 14:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Artst

KOMPAS.com - Karya seni Renaisans yang paling terkenal dimenandai periode revolusi dalam seni yang belum ada bandingannya hingga hari ini.

Renaisans berlangsung selama tiga abad dari abad ke-14 M hingga abad ke-17 M dan menandai ledakan penciptaan karya seni berbasis klasik yang telah teruji oleh waktu.

Baca juga: Era Renaisans: Pengertian dan Penyebab Kemunculan Awal

Yang paling menonjol dari Renaisans adalah para senimannya dan kembalinya mereka ke pemikiran klasik dan filosofi Yunani dan Romawi kuno.

Tokoh Renaisans dalam bidang seni seperti Da Vinci, Michelangelo, Botticelli dan Raphael, kini semuanya dianggap jenius. Mereka memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap seni, humaniora, sains, dan filsafat dunia.

Karya seni Renaisans melompat jauh ke depan dalam hal bahan dan teknik. Perspektif linier dan representasi anatomi digambarkan dengan sangat akurat dengan bentuk manusia yang sangat menonjol.

Banyak karya besar didanai oleh pedagang kaya atau ditugaskan oleh gereja Katolik, berikut ini daftar karya seni Renaisans yang paling terkenal, menurut Artst.

Baca juga: Sejarah Singkat Renaisans: Era Kelahiran Kembali Sains dan Budaya Dunia

1. Mona Lisa

Mona Lisa dapat dianggap sebagai lukisan paling terkenal di dunia dan juga senyum paling terkenal.

Terkenal sebagai seniman besar dunia saat ini, Leonardo Da Vinci menyelesaikan relatif sedikit karya, dibandingkan dengan pendukung produktif lainnya saat itu.

Namun, semua karyanya dianggap sebagai karya agung sejati, yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada sangat sedikit orang.

Mona Lisa adalah potret setengah tinggi dan diyakini sebagai Lisa Gherardini yang merupakan istri seorang pedagang Florentine kaya bernama Francesco del Giocondo.

Mona Lisa sekarang dimiliki oleh publik Perancis dan dipajang di Louvre, dipercaya untuk publik dan tidak akan pernah bisa dijual.

Lukisan ini pernah dicuri oleh seorang karyawan Italia, dan dibawa kembali ke Italia. Sang pencuri mengeklaim bahwa itu (Italia) adalah tempatnya. Dia akhirnya ditangkap dan karya seni Renaisans itu dikembalikan ke Louvre.

Ada pertanyaan panjang setiap hari, hanya dengan melihat sekilas senyumnya yang terkenal. Dia adalah lukisan paling terkenal dari periode Renaisans, mungkin untuk sepanjang masa.

Baca juga: Karakteristik Sains dan Budaya Era Renaisans

Lukisan potret Leonardo da Vinci, tokoh Renaisans yang menyelesaikan relatif sedikit karya, dibandingkan dengan pendukung produktif lainnya saat itu.GIOVAN AMBROGIO FIGINO/MUSEUM OF GALLERIE DELL'ACCADEMIA Lukisan potret Leonardo da Vinci, tokoh Renaisans yang menyelesaikan relatif sedikit karya, dibandingkan dengan pendukung produktif lainnya saat itu.

2. Perjamuan Terakhir

Seperti banyak karya seni Renaisans terkenal, Perjamuan Terakhir adalah adegan religius dan menggambarkan perjamuan terakhir Yesus dan dua belas rasulnya.

Lukisan dinding karya Leonardo Da Vinci ini bukan lukisan dinding biasa. Dia memutuskan untuk menggunakan cat minyak pilihannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com