Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aksi Penipuan di Seluruh Dunia Terkait Covid-19, dari Kartu Kesehatan Palsu hingga Vaksin Isi Krim Anti-kerut

Kompas.com - 21/08/2021, 20:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pandemi Covid-19 telah menewaskan total sekitar4 juta orang sejak awal kemunculannya, menurut Worldometer pada Sabtu (21/8/2021), terjadi juga gelombang penipuan di seluruh dunia.

Berikut 10 penipuan di seluruh dunia terkait Covid-19, yang paling kejam dalam beberapa bulan terakhir, dari kartu kesehatan palsu hingga penipuan vaksin, seperti yang dilansir dari AFP pada Minggu (21/8/2021):

Baca juga: Muncul Kasus Covid-19 dari Bandara, Ratusan Orang di China Langsung Dikarantina

1. Kartu kesehatan palsu

Sejak pemerintah Perancis mewajiblan bukti vaksinasi untuk masuk kafe dan tempat umum lainnya pada Agustus ini, di pasar gelap berkembanglah penjualan kartu kesehatan palsu berharga ratusan euro.

Orang-orang mendapatkannya melalui media sosial Snapchat dari akun yang jarang bertahan lebih dari beberapa hari, setelah secara terbuka mengiklankan dokumen palsu.

Di antaranya, muncul iklan "Vaksinasi adalah opsional berkat layanan kami" atau, "Katakan tidak pada vaksin dan dapatkan izin kesehatan tanpa divaksinasi."

Pemalsu yang membuat sertifikat vaksinasi Covid-19 palsu juga berkembang pesat di Rusia.

2. Penipuan karyawan

Sedikitnya 800 orang diberikan vaksin Covid-19 palsu di Uganda pada Juli.

Penipuan melibatkan dokter dan petugas kesehatan yang dicap "tidak bermoral", menargetkan orang yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 dengan rela membayar.

Contohnya, karyawan perusahaan diminta untuk membayar antara 25-120 dollar AS (Rp 360.700 hingga Rp 1,7 juta) untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, yang ternyata palsu.

Baca juga: Pertama di Dunia, India Izinkan Penggunaan Vaksin DNA untuk Lawan Covid-19

3. Vaksin larutan garam

Di ibu kota komersial India, Mumbai, beredar penipuan berskala besar pada Juni, dengan 2.000 orang yang menjadi korban penipuan.

Mereka sangka sedang divaksinasi, ternyata cairan vaksinnya hanyalah larutan garam.

4. Kriminalisasi kremasi Covid-19

Di kota Agra, India, ada juga penipuan berkedok mengkremasi korban Covid-19, untuk mengkremasi seorang pria yang telah mereka bunuh.

Lima anggota geng di Agra yang menipu itu mengenakan perlengkapan pelindung lengkap, berpura-pura mayat itu meninggal karena Covid-19. Ternyata kasus yang mengerikan terungkap pada Juni.

"Agar tidak ketahuan...mereka memakai perlengkapan APD dan menggunakan kantong jenazah untuk berkemas dan mengangkut jenazah ke tempat kremasi," kata polisi setempat.

5. Kamp penipuan

Seorang pria yang menyamar sebagai pegawai negeri dengan gelar master di bidang genetika, dan ditangkap di Kolkata, India selatan pada Juni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com