Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Agustus dalam Sejarah: Hitler Resmi Jadi "Fuhrer", Diktator Absolut Jerman pada 1934

Kompas.com - 02/08/2021, 15:27 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Kumis khas, rambut khas, ditambah kebengisan yang khas. Dialah Adolf Hitler, diktator Jerman yang berkuasa untuk pertama kalinya pada 2 Agustus 1934--atau tepat 87 tahun yang lalu.

Kepemimpinan Hitler dimulai pasca-kematian Presiden Jerman Paul von Hindenburg. Dengan gelar "Fuhrer", Hitler lantas memerintah Jerman tanpa tedeng aling-aling.

Fasisme yang diusungnya, didukung penuh Nazi, partai berideologi totalitarian Jerman yang dibentuknya.

Baca juga: Serba-Serbi Tempat Kelahiran Adolf Hitler di Austria

Hitler lahir di Braunau am Inn, Austria, pada 1889.
Semasa muda, dia bercita-cita menjadi pelukis--yang sayangnya kurang berhasil dan menerima sedikit sekali pengakuan publik.

Andaikata berhasil, lukisan seperti apa yang bakal jadi mahakarya Hitler?

Atau, pertanyaan yang lebih penting, apakah kalau takdir membawa Hitler menjadi pelukis, akankah nyawa ratusan ribu Yahudi Jerman bisa terselamatkan?

Ini adalah pertanyaan sia-sia karena Hitler, telah melukis takdirnya sendiri, dengan kuas darah manusia dalam salah satu tragedi Holocaust paling mengerikan sepanjang sejarah.

Dilansir History, pada 1913, Hitler muda pindah ke Kota Munich Jerman, tepatnya di negara bagian Bavaria.

Jalan hidupnya nyatanya bukan kuas dan cat, karena dia langsung memegang senjata pasca-diterima sebagai tentara Jerman dalam Perang Dunia I.

Dirinya lantas bergabung dengan Partai Buruh Jerman. Keberanian dan kemampuan--serta kelicikannya--membuatnya mampu menjalankan propaganda, yang membuat bisa mengambil alih kepimpinan partai.

Hitler pun mengubah nama organisasi menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (partai Buruh Sosialis Nasional Jerman), yang disingkat menjadi Nazi.

Partai ini mengadopsi simbol kuno swastika sebagai lambangnya.

Baca juga: Muncul Coretan Swastika Nazi di Lift Kemenlu AS, Isu Keamanan Mengemuka

Pada November 1923, Nazi meluncurkan Bir Hall Putsch, yang definisi sederhananya adalah upaya merebut pemerintah Jerman secara paksa.

Hitler berharap revolusi nasionalisnya di Bavaria menyebar ke tentara Jerman yang tidak puas. Tapi, dirinya ditangkap karena dituduh berkhianat dan mendekam di jeruji besi selama lima tahun.

Di sanalah otobiografi kontroversialnya, "Mein Kampf" lahir. Ideologi anti-Semit, anti-Marxis, rencana penaklukkan, semuanya dituliskan di sana.

Bagaimana pemimpin Nazi ini meninggal masih banyak dipertanyakan.GETTY IMAGES Bagaimana pemimpin Nazi ini meninggal masih banyak dipertanyakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com