Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Puji Kinerja Hitler, Diungkap dalam Buku Ini

Kompas.com - 08/07/2021, 06:34 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Donald Trump mengatakan "Hitler melakukan banyak hal yang baik" kepada stafnya saat dia mengunjungi Eropa sebagai presiden AS pada 2018 silam.

Surat kabar The Guardian melaporkan pada Rabu (7/7/2021), yang mengutip sebuah buku menceritakan bahawa kepala staf Trump, John Kelly, terkejut oleh pernyataannya saat itu.

Baca juga: Nyanyikan Lagu Ulang Tahun Hitler, Tentara Jerman Dipecat

Percakapan itu diungkap dalam sebuah buku "Frankly, We Did Win This Election", karya Michael Bender dari surat kabar Inggris, The Wall Street Journal.

The Guardian mengatakan telah mendapatkan salinan buku itu sebelum diterbitkan pada pekan depan.

Trump dilaporkan membuat komentar saat Kelly memberinya impromptu tentang pelajaran sejarah selama kunjungan ke Eropa pada 2018, untuk memperingati berakhirnya Perang Dunia I.

Baca juga: Buku Hitler dan Senjata Ditemukan di Rumah Pelaku Penamparan Presiden Perancis

Menurut buku itu, Kelly "mengingatkan presiden negara mana yang berada di pihak mana selama konflik" dan "menghubungkan pokok-pokok dari Perang Dunia I ke Perang Dunia II serta semua kekejaman Hitler".

"Ya, Hitler melakukan banyak hal baik," kata Trump saat itu seeprti yang dilansir dari AFP pada Rabu (7/7/2021).

Kelly dilaporkan "mengatakan kepada presiden bahwa dia salah, tetapi Trump tidak terpengaruh", menekankan pemulihan ekonomi Jerman di bawah Hitler selama 1930-an.

Baca juga: Pemburu Harta Karun Incar 48 Peti Emas Peninggalan Hitler dan Antek Nazi

"Kelly mengingatkannya lagi," tulis Bender seperti yang dikutip The Guardian, "dan berpendapat bahwa rakyat Jerman akan lebih baik miskin dari pada menjadi sasaran genosida Nazi."

Kelly mengatakan kepada Trump, bahkan jika klaimnya tentang ekonomi Jerman di bawah Nazi benar, "Anda tidak akan pernah bisa mengatakan apa pun yang mendukung Adolf Hitler. Anda tidak bisa."

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Adolf Hitler Meninggal Bunuh Diri Usai 36 Jam Menikah

The Guardian mengatakan Bender telah mewawancarai Trump sejak dia kalah dalam pemilihan ppresiden pada November 2020 dan mantan presiden itu membantah membuat pernyataan tentang Hitler.

Kelly, mantan jenderal Korps Marinir yang meninggalkan Gedung Putih pada awal 2019, telah membuat sejumlah komentar kritis tentang Trump setelah serangan 6 Januari di US Capitol oleh para pendukung mantan presiden.

Baca juga: [Cerita Dunia] 25 Tahun Hari Korban Kejahatan Nazi Hitler

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com