Infeksi Covid-19 Menyebar, China Uji Jutaan Orang dan Keluarkan Panduan Perjalanan Baru

Kompas.com - 02/08/2021, 14:20 WIB
Foto yang dirilis kantor berita China Xinhua menunjukkan warga mengantre untuk dites Covid-19 di pos pengetesan Nanjing, Provinsi Juangsu, China, pada 28 Juli 2021. AP PHOTO/XINHUA/Li BoFoto yang dirilis kantor berita China Xinhua menunjukkan warga mengantre untuk dites Covid-19 di pos pengetesan Nanjing, Provinsi Juangsu, China, pada 28 Juli 2021.

BEIJING, KOMPAS.com - Pejabat China meningkatkan pengujian Covid-19 dan mengajukan pembatasan baru, untuk memerangi penyebaran varian Delta yang sangat menular.

Wabah Covid-19 terbaru di negara itu dimulai di Nanjing, sebuah kota berpenduduk lebih dari sembilan juta orang, pada akhir Juli.

Baca juga: Sejumlah Negara Perketat Pembatasan Covid-19 karena Varian Delta, dari China hingga Australia

Pihak berwenang China sekarang telah melakukan tiga putaran pengujian pada 9,2 juta penduduk kota itu.

Ratusan ribu orang juga ditempatkan dalam penguncian, untuk mengekang wabah yang dituduhkan Beijing terjadi akibat varian Delta yang sangat menular dan puncak musim turis.

China berlomba melacak lebih dari 5.000 orang di seluruh negeri yang menghadiri festival teater di Zhangjiajie, sebuah kota wisata di provinsi Hunan yang telah mengunci semua 1,5 juta penduduk.

Semua tempat wisata itu sudah ditutup setelah empat pengunjung dinyatakan positif Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pejabat kesehatan mengatakan wabah mini di Zhangjiajie dipicu oleh para pelancong dari Nanjing dan telah mendorong virus menyebar ke lebih dari 20 kota.

"Zhangjiajie sekarang telah menjadi titik nol baru untuk penyebaran epidemi China," kata ahli virologi Zhong Nanshan kepada wartawan, Sabtu (31/7/2021) melansir AFP.

"Kita harus membuka jaring lebih lebar saat menelusuri kontak dekat varian Delta."

Pejabat kota Zhangjiajie mengajukan perintah tinggal di rumah pada Minggu (1/8/2021), dan telah mengatakan kepada orang-orang untuk menghindari pergi bekerja. Perjalanan yang tidak penting di jalan-jalan di kota juga telah dilarang.

Baca juga: China Akui Varian Delta Penyebab Lonjakan Covid-19 Terbaru, 14 Provinsi Terinfeksi

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.