Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Kekerasan kepada Keturunan Asia Meningkat, WNI di AS Diminta Waspada dan Tetap Tenang

Kompas.com - 07/04/2021, 08:29 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Rilis

CHICAGO, KOMPAS.com - Di tengah-tengah meningkatnya aksi kekerasan terhadap warga keturunan Asia, Warga Negara Indonesia diminta terus meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang.

KJRI Chicago menjamin keamanan bagi WNI tetap menjadi prioritas nomor satu bagi pemerintah. Sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat Indonesia terus gencar juga terus dilakukan.

Hal ini disampaikan Konjen RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir dalam Perayaan Paskah bersama masyarakat Kristiani Indonesia, di Indonesian Christian Church (ICC) di Plymouth, Michigan, 4 April 2021 dan dalam pertemuan dengan perwakilan WNI di Cleveland, Ohio, 3 April 2021.

Baca juga: 2 WNI di AS Jadi Korban Kekerasan Rasial, KJRI New York Hubungi Wali Kota Philadelphia

Konjen Meri juga menyampaikan agar masyarakat Indonesia dapat menjaga diri, serta tidak memancing tindak kekerasan. Antara lain dengan tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap.

“Tidak lupa, selalu laporkan kejadian yang dianggap membahayakan ke pihak berwajib serta KJRI. Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku.” imbuh Konjen Meri melansir rilisnya.

“Ingat, nomor telepon Hotline KJRI Chicago selalu dapat dihubungi 24/7.”

Pertemuan di Cleveland dihadiri oleh Imam Masjid Cleveland, perwakilan masyarakat Kristiani, masyarakat Hindu-Bali yang ada di Ohio, serta Persatuan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias) dari universitas terkemuka yang ada di Ohio seperti Kent University, Akron University, dan Case Western University.

Baca juga: Pernah Luapkan Amarah Soal Isu Rasial dan Islamophobia, Pelaku Penembakan Colorado Disebut Punya Gangguan Mental

Masyarakat Indonesia di Midwest dalam setiap kesempatan sosialisasi menyampaikan apresiasi terhadap upaya KJRI Chicago dalam meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat Indonesia.

Dilaporkan hingga saat ini tidak terdapat laporan adanya kekerasan yang dialami oleh masyarakat Indonesia di Midwest.

Menurut WNI, imbauan dari KJRI sangat bermanfaat dalam meningkatkan awareness. Dampaknya, WNI mengetahui apa yang harus dilakukan dan kepada siapa harus melaporkan sekiranya terjadi tindak kekerasan.

Namun demikian, KJRI Chicago terus menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan. Anjuran disampaikan tidak hanya dengan turun langsung ke kantong-kantong masyarakat yang ada di Midwest, tapi juga melalui media sosial dan website KJRI Chicago.

Baca juga: Tanggapi Isu Rasial dalam Kerajaan Inggris, Begini Rencana Ratu Elizabeth II

Wilayah kerja KJRI Chicago meliputi 13 negara bagian di Midwest Amerika Serikat yakni Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, South Dakota dan Wisconsin.

Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di wilayah kerja KJRI Chicago adalah sebanyak 11.682 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com