Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Perketat Aturan Kontrol Senjata, Buntut Penembakan di Colorado

Kompas.com - 24/03/2021, 19:56 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

WASHINGTON DC, KOMPAS. com - Penembakan massal kedua dalam waktu kurang dari sepekan membuat Presiden AS Joe Biden menyerukan pengendalian senjata yang lebih ketat.

Namun, meloloskan RUU kontrol senjata di Senat akan menjadi perjuangan yang berat.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendesak anggota DPR untuk memperketat aturan pengendalian senjata pada Selasa (23/3/2021), menyusul penembakan mematikan di sebuah supermarket di Colorado.

Seorang pria bersenjata menembaki pembeli di supermarket dan menyebabkan 10 orang meninggal dunia, seperti yang dilansir dari DW Indonesia seperti yang dilansir dari Rabu (24/3/2021).

Insiden pada Senin (22/3/2021) ini menambah panjang daftar rangkaian aksi penembakan massal yang mematikan di Amerika Serikat.

Baca juga: Tersangka Penembakan Colorado Beli Senjata 6 Hari Sebelumnya, Polisi Masih Korek Motifnya

Apa yang Biden katakan?

Joe Biden mengatakan "senjata serbu harus dilarang" di AS, sambil menutup celah-celah yang ada dalam sistem pemeriksaan latar belakang, ketika seseorang ingin membeli senjata.

"Saya tidak perlu menunggu satu menit lagi, apalagi satu jam lagi, untuk mengambil langkah-langkah sesuai akal sehat yang akan menyelamatkan nyawa di masa depan," kata Biden.

Selain larangan senjata serbu, presiden AS mengatakan bahwa magasin berkapasitas tinggi juga harus dilarang.

"Ini bukan dan seharusnya tidak menjadi masalah pihak tertentu. Ini masalah Amerika. Ini akan menyelamatkan nyawa. Nyawa Amerika. Dan kita harus bertindak," tambahnya.

Saat masa kampanye kepresidenannya, Biden berjanji untuk mendorong aturan pengendalian senjata. Meskipun masih harus dilihat apakah Biden akan dapat mengumpulkan dukungan yang cukup di Kongres.

Gedung Putih mengatakan Biden tak mengesampingkan kemungkinan perintah eksekutif untuk memberlakukan tindakan guna mengatasi kekerasan dengan senjata api.

Baca juga: Gedung Putih Keluarkan Pernyataan Soal Penembakan Massal Colorado

Partai Demokrat mendukung RUU pengendalian senjata

Menyusul insiden penembakan terbaru, pejabat tertinggi kubu Demokrat di Senat, Pemimpin Mayoritas Chuck Schumer, bersumpah untuk membawa pembahasan mengenai pengendalian senjata di majelis.

Secara khusus, dia mengatakan akan mendorong pemungutan suara terkait RUU pengendalian senjata yang sudah disahkan oleh DPR.

RUU ini mengatur tentang pemeriksaan latar belakang untuk sebagian besar penjualan senjata.

Langkah-langkah pengendalian senjata terkenal sulit dilakukan di AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com