Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diundang Elon Musk "Ngobrol" di Clubhouse, Ini Respons Putin

Kompas.com - 16/02/2021, 21:15 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Setelah bos Tesla, Elon Musk mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengobrol dengannya di aplikasi media sosial Clubhouse, Putin melalui Kremlin membalasnya dengan menunjukkan ketertarikan.

"Sangat menarik," ungkap Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mewakili presidennya, Senin (15/2/2021) dikutip Sputnik.

Sebelumnya, Musk pada Minggu (14/2/2021) mengundang Putin melalui Twitter dengan menandai akun Twitter Kremlin, "Apakah Anda ingin bergabung dengan saya mengobrol di Clubhouse?"

“Merupakan kehormatan besar untuk dapat berbicara dengan Anda,” ujar Musk, orang terkaya di dunia, dalam bahasa Rusia pada twit lanjutannya. 

Baca juga: Profil Elon Musk, Sarjana Ekonomi Pendiri Tesla dan SpaceX

Peskov mengatakan kepada wartawan melalui telepon konferensi bahwa “Secara umum, ini tentu saja merupakan tawaran yang sangat menarik, tetapi kami perlu memahami apa yang dimaksud, apa yang sedang diusulkan... pertama kami perlu memeriksa, kemudian kami akan bereaksi..."

Putin, mantan KGB yang pernah menggambarkan internet sebagai proyek CIA, selama bertahun-tahun menyebut dirinya curiga terhadap teknologi modern.

“Kami ingin mencari tahu dulu. Presiden Putin secara pribadi tidak menggunakan jejaring sosial secara langsung, dia tidak memilikinya,” terang Peskov seperti diwartakan Sydney Morning Herald.

Baca juga: Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk Sudah Bisa Dipesan

Diluncurkan pada 2020 di San Francisco Amerika Serikat (AS), Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berbasis komunikasi audio saja dan hanya dapat diakses melalui undangan.

Popularitas Clubhouse meroket dalam beberapa bulan terakhir, sebagian besar karena promosinya dilakukan oleh Elon Musk.

Clubhouse baru-baru ini mendapatkan popularitas dengan banyak tokoh terkemuka termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, rapper Drake dan aktor Kevin Hart telah bergabung dengan aplikasi tersebut untuk meluncurkan diskusi.

Ini bukan pertama kalinya Musk menghubungi pejabat Rusia. Sebelumnya pada Mei 2020, CEO SpaceX dan bos Tesla itu tampaknya melakukan percakapan singkat dengan kepala Roscosmos Rusia Dmitry Rogozin, bertukar harapan untuk dapat bekerja sama di masa depan.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk Hanya Tidur 6 Jam Sehari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com