Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pendaki Hilang di Gunung K2 Pakistan, Sehari Setelah Temuan Korban Tewas

Kompas.com - 07/02/2021, 10:15 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Tiga pendaki hilang saat mencoba mencapai puncak gunung tertinggi kedua di dunia, K2 Pakistan.

Kabar itu disampaikan manajer ekspedisi mereka dan Alpine Club of Pakistan mengatakan Sabtu (7/2/2021) melansir AFP.

Pendaki John Snorri dari Islandia, Juan Pablo Mohr dari Chilie dan Muhammad Ali Sadpara dari Pakistan dilaporkan kehilangan kontak dengan base camp pada Jumat (6/2/2021).

"Sudah lebih dari 30 jam, kami (di basecamp) tidak menerima kabar dari John Snorri, Ali Sadpara, dan Juan Pablo Mohr, karena tidak ada pelacak GPS yang berfungsi", Chhang Dawa Sherpa, manajer ekspedisi mereka, kata dalam sebuah pernyataan.

Sebuah helikopter militer telah melakukan penerbangan pencarian untuk para pendaki yang hilang, kata Sherpa dalam pernyataan terpisah.

Sayangnya, mereka tidak bisa melacak apa-apa. Kondisi di gunung bahkan di basecamp menurutnya juga semakin memprihatinkan.

Baca juga: Berhasil Taklukkan Gunung K2 yang Mematikan, 10 Pendaki Nepal Disambut bak Pahlawan

Kepada AFP, Sekretaris Klub Alpine Pakistan Karrar Haidri mengonfirmasi para pendaki hilang di gunung itu.

Berita tentang orang-orang yang hilang datang sehari setelah seorang pendaki gunung Bulgaria dipastikan meninggal di K2.

Dia adalah pendaki gunung ketiga yang meninggal di lereng K2 tahun ini, setelah seorang pendaki Spanyol jatuh hingga meninggal bulan lalu.

Alex Goldfarb dari Rusia-Amerika juga meninggal di gunung terdekat selama misi aklimatisasi pada Januari.

Sebuah tim pendaki Nepal membuat sejarah di K2 bulan lalu, ketika mereka menjadi yang pertama mengukurnya di musim dingin.

Kondisi di K2 sangat keras. Angin dapat bertiup dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam (125 mil per jam). Sedangkan suhu di puncak dapat turun hingga minus 60 derajat Celsius.

Baca juga: Seorang Pendaki Ditemukan Tewas Terjatuh Usai Unggah Foto di Tebing

Dengan dibukanya kembali perbatasan Pakistan dan beberapa tempat lain untuk dikunjungi, musim dingin ini ada empat tim berjumlah sekitar 60 pendaki telah berkumpul di gunung itu.

Kondisi tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. Jumlah itu bahkan disebut lebih total semua ekspedisi yang sebelumnya pernah dilakukan disatukan.

Tidak seperti Gunung Everest, yang telah didaki oleh ribuan pendaki tua dan muda, K2 jauh lebih jarang dilalui karena kondisinya yang sulit.

Baca juga: 10 Pendaki Nepal Ukir Sejarah dengan Taklukkan Gunung Tertinggi Kedua di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com