Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Gratiskan Vaksin Sinopharm dari China untuk Warganya

Kompas.com - 12/12/2020, 11:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Arab News

KAIRO, KOMPAS.com - Warga Mesir akan diberikan vaksin virus corona gratis dari China, Sinopharm, menurut laporan media lokal Egypt Today, pada Jumat (11/12/2020), mengutip ucapan Menteri Kesehatan Mesir, Hala Zayed.

Vaksin Sinopharm memiliki kemanjuran 86 persen dalam melawan virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, menurut pejabat Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA) setelah Kairo menyelesaikan uji klinis.

Baca juga: UEA Daftarkan Vaksin Sinopharm China dengan Klaim Efektivitas 86 Persen

Menkes Mesir Hala Zayed, Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang dan Duta Besar UEA untuk Mesir Mariam Al Kaabi memantau kedatangan gelombang pertama vaksin di Bandara Internasional Kairo yang datang dari UEA.

Zayed lalu mengatakan bahwa Mesir telah menandatangani kesepakatan dengan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi "untuk melindungi ketersediaan dosis vaksin pada waktu mendatang".

Baca juga: Perdana Menteri UEA Akhirnya Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 dari Sinopharm China

Staf medis di rumah sakit isolasi dan rumah sakit dada dan demam akan diberi prioritas untuk mendapatkan suntikan vaksin, ungkap Zayed.

Tak hanya itu, penderita kanker atau gagal ginjal, para lansia dan penderita penyakit kronis juga akan diprioritaskan.

Berdasarkan laporan Arab News, Mesir mencatat 445 kasus virus corona baru dan 22 kematian dalam 24 jam terakhir, meningkatkan jumlah total infeksi menjadi 120.147 kasus.

Baca juga: Kementerian BUMN Bantah Ada Pembatalan Pembelian Vaksin dari AstraZeneca, CanSino, dan Sinopharm

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com