Kompas.com - 09/12/2020, 17:54 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) secara resmi mendaftarkan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh raksasa obat China Sinopharm, pada Rabu (9/12/2020).

Melansir AFP, vaksin buatan perusahaan asal ‘Negeri Panda’ itu dikatakan 86 persen efektif menurut analisis uji coba fase ketiga.

“Kementerian kesehatan telah mengumumkan pendaftaran resmi dari vaksin tersebut,” seperti diberitakan kantor berita negara WAM.

Namun pemberitaan itu tidak menjelaskan bagaimana vaksin itu akan digunakan kemudian.

Baca juga: Provinsi di China Mulai Dapat Vaksin Covid-19 pada Awal 2021

Vaksin tersebut telah menjalani uji coba fase ketiga di UEA sejak Juli. Penggunaan daruratnya sudah disetujui untuk petugas kesehatan pada bulan September.

"Pengumuman tersebut merupakan mosi percaya yang signifikan dari otoritas kesehatan UEA dalam keamanan dan kemanjuran vaksin ini," ungkap WAM.

Lebih lanjut, laporan tersebut menyatakan bahwa pejabat kesehatan UEA telah meninjau analisis sementara Sinopharm dari uji coba fase ketiga yang menunjukkan 86 persen efektif melawan virus corona.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sinovac Datang, Bagaimana Izin BPOM dan Kehalalan MUI?

Analisis tersebut juga menunjukkan vaksin memiliki tingkat serokonversi atau perkembangan antibodi sebanyak 99 persen dari antibodi penawar dan efektivitas 100 persen dalam mencegah kasus penyakit sedang dan parah.

"Selain itu, analisis tidak menunjukkan masalah keamanan yang serius."

China memiliki empat produk vaksin dalam tahap akhir pengembangan, tiga di antaranya termasuk Sinopharm. Vaksin ini menggunakan bentuk virus corona baru yang tidak aktif untuk meningkatkan kekebalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.