Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Helikopter, Trump Dibawa ke RS Militer Usai Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 03/10/2020, 07:06 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber NBC News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang positif terinfeksi virus corona dikabarkan tiba di Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed pada Jumat siang kemarin (2/10/2020).

Menurut dokter kepresidenan yang dinyatakan sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany, tindakan itu adalah upaya pencegahan penularan lebih lanjut dan presiden Trump diperkirakan akan berada di rumah sakit itu selama beberapa hari.

Trump meninggalkan Gedung Putih setelah pukul 6:15 waktu setempat dan tiba di rumah sakit beberapa menit kemudian menggunakan helikopter Marine One.

Baca juga: Trump Positif Covid-19, Ini Beragam Risiko Kesehatan yang Dihadapinya...

Sebelumnya, pejabat pemerintah mengatakan bahwa Trump mengalami gejala ringan virus corona setelah mengumumkan di awal Jumat bahwa pria itu terinfeksi.

Namun, Trump yang biasanya sangat aktif mengunggah postingan di media sosial menjadi diam setelah mengumumkan bahwa dirinya terinfeksi Covid-19 dan menyerahkan satu-satunya acara dalam jadwal publik resminya kepada wakil presiden Mike Pence.

Trump yang sudah berusia 74 tahun dan secara klinis kelebihan berat badan memiliki risiko tinggi komplikasi sebab virus corona menurut panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca juga: Masuk Kelompok Berisiko, Ini Fakta Seputar Trump Positif Covid-19

Risiko penyakit parah akan meningkat seiring bertambahnya usia dan faktor lainnya, juga kondisi medis lain dapat meningkatkan risiko, termasuk obesitas.

Berat badan Trump sekitar 240 pon atau 108 kilogram dengan tinggi sekitar 6 kaki atau 1,8 meter menurut catatan kesehatan sebelumnya yang dipublikasikan pada bulan Juni. Namun demikian, dokternya mengatakan bahwa Trump sehat secara keseluruhan.

Wakil presiden Mike Pence yang negatif virus corona setelah diperiksa Jumat kemarin masih berada di kediaman wakil presiden, di Naval Observatory menurut laporan seorang pejabat pemerintah senior.

Baca juga: Donald Trump Positif Covid-19, RI Dinilai Bakal Kena Imbas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com