Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China-India Sepakat, Pasukan di Perbatasan Harus Redakan Ketegangan

Kompas.com - 11/09/2020, 09:03 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP,Reuters

NEW DELHI, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri India dan China sepakat untuk sesegera mungkin melepaskan diri dari kebuntuan masalah perbatasan.

Kesepakatan itu diumumkan dalam pernyataan bersama pada Jumat (11/9/2020) sebagaimana dilansir dari Reuters.

Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu di Moskwa, Rusia, pada Kamis (10/9/2020) di sela-sela kegiatan konferensi.

Mereka menyempatkan bertemu untuk mencoba dan mengakhiri perselisihan selama berbulan-bulan di perbatasan yang tidak berdemarkasi di wilayah Pegunungan Himalaya.

Baca juga: 5 Jet Tempur Rafale Sudah Datang, India Gertak Musuh-musuhnya

“Kedua Menteri Luar Negeri sepakat bahwa situasi di daerah perbatasan saat ini tidak menguntungkan kedua belah pihak,” kata mereka dalam pernyataan itu.

Oleh karena itu, mereka setuju bahwa pasukan perbatasan dari kedua belah pihak harus melanjutkan dialog, segera melepaskan diri, menjaga jarak yang tepat, dan meredakan ketegangan.

Pada Selasa (8/9/2020), China mengatakan pasukannya terpaksa melakukan "tindakan balasan" setelah tentara India melintasi perbatasan Himalaya dan melepas tembakan.

Kementerian Pertahanan China menuduh India melakukan "provokasi militer berat" setelah para tentaranya melintasi Garis Kontrol Aktual (LCA) di sisi barat perbatasan pada Senin (7/9/2020).

Baca juga: Tuduh India Lepas Tembakan di Perbatasan, China Terpaksa Balas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com