Iran Diperkirakan Kirim Minyak ke Venezuela Lagi, Bisa Lolos dari AS?

Kompas.com - 11/09/2020, 07:36 WIB
Ilustrasi kapal tanker. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal tanker.

TEHERAN KOMPAS.com - Dua kapal tanker berbendera Iran yang mengangkut bahan bakar berlayar mengitari Cape of Good Hope Afrika dalam perjalanan ke Samudra Atlantik.

Pergerakan kapal tanker masing-masing bernama Forest dan Fortune tersebut dilacak oleh Refinitiv Eikon sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (11/9/2020).

Bulan lalu, Forest dan Fortune, yang membawa sekitar 300.000 barel bahan bakar miyak, dibawa ke Venezuela dari Pelabuhan Bandar Abbas, Iran.

Kelangkaan bahan bakar minyak di Venezuela telah memburuk dalam beberapa hari terakhir karena produksi dalam negeri yang tidak mencukupi.

Baca juga: PBB: Pasokan Senjata Barat dan Iran Picu Kejahatan Perang di Yaman Selama 6 Tahun

Hal itu memicu antrean panjang kendaraan bermotor di stasiun pengisian bahan bakar dan meningkatkan ekspor minyak.

Iran mengirim armada pertama sebanyak lima kapal tanker bermuatan bahan bakar minyak ke Venezuela antara Mei dan Juni untuk membantu sekutu politiknya.

Baik Venezuela dan Iran berada di bawah sanksi Amerika Serikat ( AS).

Kapal-kapal itu tiba di pelabuhan PDVSA yang dikelola negara Venezuela tanpa gangguan.

Baca juga: PBB: Bahan Dasar Produksi Nuklir Iran Capai 10 Kali Batas Kesepakatan Dunia

Di sisi lain, armada kedua yang berjumlah empat kapal tanker berbendera Liberia milik kelompok perkapalan Yunani tidak bisa mencapai Venezuela pada Juli karena disita oleh AS berdasarkan perintah pengadilan.

Bahan bakar tersebut diharapkan akan dilelang sebagai bagian dari tindakan pengadilan AS.

Kapal Forest dan Kapal Fortune belum secara resmi mengubah tujuan mereka.

Mereka terus berlayar dengan indikasi "telah dipesan". Refinitiv Eikon memperkirakan kedua kapal itu akan tiba di Venezuela pada akhir bulan ini.

Baca juga: China Disebut Paling Aktif Pengaruhi Pemilihan Presiden AS, Dibanding Rusia dan Iran

Halaman:

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X