Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Reaksi AS, Qatar, hingga China terhadap Serangan Iran ke Israel

Kompas.com - 14/04/2024, 17:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam mendapat tanggapan serta kecaman dari berbagai negara.

Banyak negara yang kemudian memperingatkan serangan tersebut dapat mengganggu stabilitas di Timur Tengah.

Dikutip dari AFP pada Minggu (14/4/2024), Iran menyerang Israel sebagai balasan atas serangan yang dilakukan Israel di gedung Kedutaan Besar Iran di Suriah.

Baca juga: Kepala Pasukan Iran: Serangan ke Israel Telah Berakhir

Ada sekitar 300 drone Iran yang ditembakkan ke wilayah Israel hingga menimbulkan belasan orang terluka.

Tanggapan dunia terhadap serangan Iran ke Israel

Berikut ini tanggapan beberapa negara terhadap serangan Iran di Israel.

1. Amerika Serikat

Presiden AS Joe Biden berjanji akan memberi dukungan yang kuat untuk Israel setelah mengadakan pertemuan mendesak dengan para pejabat tinggi keamanan.

"Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional untuk mendapatkan informasi terkini mengenai serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel sangat kuat," ujar Joe Biden di media sosial X.

2. Qatar

Negara ini menyatakan prihatin atas serangan Iran di Israel dan meminta agar semua pihak untuk menghentikan eskalasi dan menahan diri.

3. Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengecam serangan “sembrono” tersebut, yang menurutnya berisiko meningkatkan ketegangan dan mengganggu kestabilan kawasan.

"Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di negaranya sendiri," terangnya.

Baca juga: Seorang Pria Lepaskan Dua Tembakan di Bandara KLIA, Ini yang Diincar Pelaku

4. Uni Eropa

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan serangan itu adalah eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional dalam pesannya di X.

5. Persatuan negara-negara (PBB)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan skala besar yang dilancarkan Iran terhadap Israel.

"Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi yang menghancurkan di kawasan ini," katanya sambil menyerukan kepada semua pihak untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat menyebabkan konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah.

6. Mesir

Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya permusuhan dan menyerukan dapat mengendalikan diri.

7. Arab Saudi

Kementerian luar negeri Arab Saudi menyuarakan keprihatinannya terhadap eskalasi militer dan meminta semua pihak untuk menahan diri dan menghindarkan kawasan dan rakyatnya dari bahaya perang.

Halaman:
Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com