Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembira Pemain Rival Tertular Covid-19, 2 Komentator Bola Ini Dipecat

Kompas.com - 04/08/2020, 18:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DALIAN, KOMPAS.com - Dua orang komentator bola di China dilaporkan dipecat, setelah bergembira karena Covid-19 menginfeksi pemain dari klub rival.

peristiwa itu terjadi ketika keduanya mengomentari jalannya pertandingan Chinese Super League antara Dalian Pro dan Henan Jianye, Jumat (31/7/2020).

Guo Yifei, komentator olahraga untuk Dalian TV, awalnya mengunggah video di platform Douyin bersama mantan pesepak bola Wang Peng.

Baca juga: Cerita Dady si Bocah Komentator MotoGP, Menangis saat Valentino Rossi Jatuh

Dalam video yang kemudian dihapus itu, mereka mereka absennya striker utama Henan Jianye asal Kamerun, Christian Bassogog, dalam laga.

Bassogog diketahui mendapatkan perawatan di rumah sakit kota Guangzhou. Sebabnya, bomber 24 tahun itu positif terinfeksi Covid-19.

"Kelihatannya (Bassogog) tidak akan kembali," kata Guo sambil tertawa. "Terima kasih Covid-19," timpal Wang dalam video itu.

Dilansir SCMP Senin (3/8/2020), rekaman tersebut langsung viral di platform lain seperti Weibo, dan ditonton lebih dari 30 juta kali.

Adapun komentar itu tak ditayangkan dengan Dalian TV mengumumkan Guo dipecat dari pekerjaannya, dengan Wang tak akan diundang lagi.

Dalam rilis resminya, pihak televisi menyatakan bahwa komentar itu sudah tentu akan menyakiti Bassogog, Henan Jianye, maupun penggemar sepak bola di Henan.

"Terutama di tengah perjuangan untuk mengatasi virus corona, lelucon seperti ini jelas tidak bisa diterima," jelas kanal televisi.

Baca juga: Nenek 83 Tahun Ini Jadi Komentator Sumo Selama Dua Dekade

Pernyataan itu mengharuskan Guo dan Wang untuk mengunggah video permintaan maaf di Douyin, dan berjanji tak akan mengaksesnya lagi.

Keduanya menurut sehari kemudian, dengan mengunggah video di mana mereka meminta maaf dan mengulang kata demi kata yang diinstruksikan.

Meski begitu, banyak netizen yang tidak puas dengan aksi mereka, dan mendesak agar keduanya tidak boleh menjadi komentar di masa depan.

"Saya juga ikut meminta maaf kepada warga Henan! Sebagai seseorang yang lahir dan dibesarkan di Dalian, ini sangat memalukan," ujar salah satu warganet.

Wang Peng, pemain asli Dalian yang memenagkan enam gelar bagi kota itu, dilaporkan tidak mengunggah apa apun di Weibo selama tiga tahun terakhir.

Sejauh ini, China melaporkan 4.600 korban meninggal karena Covid-19 sejak pertama kali terdeteksi di Wuhan pada akhir Desember 2019.

Sempat tak melaporkan infeksi, baru-baru ini mereka mengalami kenaikan kasus positif, termasuk satu yang terdeteksi di Dalian.

Baca juga: 2 Pekan Berlayar, 41 Awak Kapal dan Penumpang Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com