Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulkan Suntik Disinfektan untuk Obati Covid-19, Trump: Itu Sarkastis

Kompas.com - 25/04/2020, 15:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump berkilah dia sarkastis saat mengusulkan suntik disinfektan sebagai cara obati Covid-19.

"Saya mengajukan pertanyaan secara sarkastis kepada jurnalis seperti Anda, lihat yang terjadi," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Saat jumpa pers Kamis malam (23/4/2020), Trump beralih kepada tim ilmuwan, dan bertanya mengenai peran disinfektan untuk memerangi Covid-19.

Baca juga: Trump Usulkan Suntik Disinfektan dan Sinar UV untuk Obati Covid-19

Saat itu, dia menyatakan bahwa bahan itu bisa membunuh virus corona hanya dalam waktu satu menit, dan mengucapkan kalimat yang menjadi sorotan.

"Khasiatnya bisa didapat dengan cara lain, yaitu dengan menyuntikannya atau sekadar menjadikannya pembersih?" tanya presiden 73 tahun itu.

Dia menuturkan seperti dilansir AFP Jumat (24/4/2020), cairan itu memberikan banyak kegunaan jika disuntukkan ke dalam paru-paru.

Sejak ucapannya menjadi viral, Trump kemudian mengklarifikasi bahwa dia berbicara kepada awak media, dengan menempatkan "kalimat sarkastis".

Tetapi, pada kenyatannya sang presiden berbicara langsung kepada pejabat Kementerian Keamanan Dalam Negeri yang berada di Gedung Putih, Bill Bryan.

Duduk di samping Bryan adalah penasihat Gedung Putih untuk kesehatan, Dr Deborah Birx dalam memberi pemaparan respons pemerintah atas virus corona.

Selama memberikan keterangan, sang presiden sering bertengkar dengan awak media, seperti yang dia lakukan pada Kamis waktu setempat.

Baca juga: Trump Usul Obati Covid-19 dengan Suntik Disinfektan, Ini Tanggapan Para Pakar

Dalam jumpa pers itu, dia menuding dua jurnalis "fake news", dan mengeluhkan bagaimana media sudah memperlakukannya dengan tidak baik.

Namun, saat melontarkan suntik disinfektan, Trump tidak bertatapan muka dengan awak media, di mana diskusi itu terjadi antara dia dengan pejabatnya.

Komentar presiden dari Partai Republik itu tak pelak memunculkan beragam komentar hingga keresahan yang terjadi sepanjang Jumat.

Induk perusahaan produsen produk rumah tangga populer, Lysol, dalam keterangan resmi menyatakan pihaknya mengimbau agar disinfektan tak sampai disuntikkan ke tubuh.

Juru bicara Gedung Putih, Kayleigh McEnany, menuding bahwa media sudah mengutip ucapan Presiden Trump dan membuatnya "keluar konteks".

Meski begitu, McEnany tidak menerangkan mengenai klarifikasi sang presiden bahwa dia hanya bersikap sarkastis.

Baca juga: Usai Bicara dengan Jokowi, Trump: AS Akan Kirim Bantuan Ventilator ke Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com