Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Koki Perancis Ajarkan Cara Masak Menu 'Penangkal' Virus Corona

Kompas.com - 29/03/2020, 15:38 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Bosan di rumah, koki selebritas asal Perancis, Cyril Lignac menyiapkan penangkal wabah virus corona dan karantina yang muram melalui televisi dan media sosial.

"Hari ini bukan koki Lignac yang berbicara melainkan Cyril yang suka pada semua orang Perancis yang belanja di dekat tempat tinggalnya," kata Cyril Lignac dalam acara televisi prime-time yang dibintanginya.

Acara yang bernama "Semua Orang di Dapur" ini fokus pada menu masak sehari-hari dan mengangkat isu masyarakat yang sedang kesulitan di masa darurat nasional.

"Krisis wabah corona telah membuat koki melakukan hal yang berbeda di dapur," kata Lignac pada media Perancis, AFP.

Menurutnya, hal itu sangat menarik untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat Perancis dengan memasak bahan-bahan yang berasal dari kulkas.

Baca juga: Di Tengah Wabah Corona, Korea Utara Masih Lakukan Uji Coba Rudal

Acara yang dibintang Lignac dipersembahkan oleh saluran televisi M6 Perancis pada Selasa (24/3/2020) dan hanya akan berlangsung selama masa karantina alias lockdown.

Lignac sendiri mengaku dirinya ingin membantu seluruh rakyat Perancis dengan membuktikan betapa mudah, bagus dan elegannya memasak di rumah.

Kegiatan Lignac rupanya diikuti oleh koki lainnya. Koki asal Paris, Amandine Chaignot saat kelas daring menjelaskan cara menyiapkan asparagus, "Tidak ada trik. Aku punya dapur kecil, dan jika aku bisa melakukannya, Anda pun pasti bisa."

Chaignot mungkin lebih menggunakan jamuan bergengsi namun kali ini dia menghidangkan menu yang dimasak dalam satu cara memasak, asparagus dan telur yang menggelegak sebelum kuning telur yang dicampur mentega dituang di atas tangkai putih yang telah dicincang-cincang.

Menurut Chaignot, menu yang ada di video masaknya sengaja dibuat untuk mereka yang sering makan di restoran. 

Baca juga: Wabah Corona Buat Ratu Inggris dan Suaminya Hidup Serumah Lagi Setelah 2 Tahun

"Anda akan rindu sekali (makan makanan restoran) jika Anda merasa tidak bisa masak menu yang sederhana," ujar Chaignot kepada AFP. 

Dia menambahkan, "Menunya harus muda, cepat dan tidak memerlukan banyak alat atau bahan yang sulit didapat."

Sementara di Marseille, seorang gourmet (ahli di bidang makanan) di Michelin bintang dua, Alexandre Mazzia, mendeskripsikan dirinya sebagai sosok ayah yang mampu mengerjakan pekerjaan domestik, olahraga dan memasak bersama anak-anaknya.

Keadaan terpuruk di Perancis akibat wabah virus corona ini membuat Mazzia mengunggah beberapa resep yang menurutnya sesuai dimasak selama masa lockdown.

Resep-resep itu di antaranya kue coklat yang dibuat seperti telur dadar tanpa perlu menggunakan putih telur atau susah-susah menyaring tepung terigu.

Baca juga: Bayi di AS Meninggal karena Terinfeksi Virus Corona

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com