Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2024, 11:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika ingin mencari takjil berbuka puasa yang beraneka ragam di Jakarta, kamu bisa langsung datang saja ke Bazaar Takjil Ramadhan Benhil di Jalan Bendungan Hilir 3 RT. 011 / RW. 001, RT.11/RW.1, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bazaar Takjil Ramadhan Benhil diadakan setiap tahun selama bulan Ramadhan yang terletak di depan kantor Polsek Metro Tanah Abang Polsub Sektor Bendungan Hilir (Benhil).

Karena banyaknya makanan dan minuman yang dijual di bazaar ini, tim Kompas.com yang datang untuk berburu takjil disini hanya dapat mencicipi beberapa makanan dan minuman pada, Rabu (20/3/2024).

Baca juga: War Takjil dan Kegembiraan Lintas Agama

Makanan yang pertama dicicipi adalah aneka risoles karena terletak di pintu masuk sebelah kanan bazaar ini dimana saya memulai perburuan takjil dari sana.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Aneka risoles yang disajikan ada tiga macam, yaitu risol smoke beef telur mayonnaise, risol ayam teriyaki mayonnaise dan risol sayur yang dijual dengan harga yang sama sebesar Rp 2.500.

Lezatnya risoles

Saya hanya mencicipi dua jenis risol yang banyak dibeli pengunjung, yaitu risol smoke beef telur mayonnaise dan risol ayam teriyaki mayonnaise.

Untuk risol ayam teriyaki mayonnaise memiliki tekstur yang masih renyah dan walaupun sudah lama didiamkan karena menunggu waktu berbuka.

Baca juga: Takjil Bubur Suro, Menu Khas Buka Puasa di Kompleks Makam Sunan Bonang

Selain itu risol ini mempunyai bentuk yang unik karena dibuat segitiga dan memiliki kulit yang tidak terlalu tebal dan tidak berminyak.

aneka risoles di bazaar takjil ramadhan benhil, ada isi smoke beef mayo, ayam mayo teriyaki dan sayurDok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika aneka risoles di bazaar takjil ramadhan benhil, ada isi smoke beef mayo, ayam mayo teriyaki dan sayur

Isian dari risol ini juga banyak dan berasa tekstur daging ayamnya serta risol ini memiliki rasa yang cenderung ke manis dan gurih karena saus teriyakinya.

Untuk risol smoke beef telur mayonnaise, teksturnya yang masih renyah. Namun, risol ini memiliki kulit yang terlalu tebal daripada isiannya. Meski begitu, cita rasanya tetap enak dengan rasa asin dan gurih.

Baca juga: Resep Pisang Epe Makassar, Takjil Olahan Pisang Selain Digoreng 

Untuk makanan yang kedua saya mencicipi Bubur sumsum campur yang harganya dibanderol sebesar Rp 20.000 per porsi dengan mendapatkan tujuh isian.

Nikmatinya bubur campur

Saat saya berkunjung ke bazaar ini pada pukul 14.45 WIB, booth bubur sumsum campur ini sudah dipadati pembeli yang mengantri dan antriannya sangatlah panjang.

bubur sumsum campur di bazaar takjil ramadhan benhil Dok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika bubur sumsum campur di bazaar takjil ramadhan benhil

Bubur sumsum campur ini seharusnya memiliki tujuh isian, yaitu bubur sumsum putih, bubur sumsum pandan, bubur kacang hijau, candil original, candil ungu, ketan hitam dan mutiara, tetapi saya hanya mendapatkan empat macam isian.

Saya mencoba bubur sumsum campur dengan isian bubur sumsum putih, bubur sumsum pandan, bubur kacang hijau dan candil original serta diberikan kuah santan dan saus gula merah.

Baca juga: Berburu Bubur Samin untuk Buka Puasa, Kuliner Khas Banjar yang Ada di Masjid Darussalam Solo

Cita rasa dari bubur sumsum campur ini manis dan gurih dengan tekstur beraneka ragam, seperti kenyal dan lengket dari candil, serta lembut dari sumsum dan bubur kacang hijau. Selain itu, aroma dari bubur sumsum pandan cukup terasa dan aroma santan juga tercium.

Segarnya es sirsak

Sebagai penutup, saya meminum es sirsak yang harganya dibanderol sebesar Rp 10.000 per gelasnya. Es sirsak ini berada di tengah-tengah bazaar dekat dengan booth es buah dan Mixue.

es sirsak di bazaar takjil ramadhan benhilDok.KOMPAS.com/Aska Bagus Aldika es sirsak di bazaar takjil ramadhan benhil

Es sirsak berisikan selasih dan juga serat-serat buah sirsak dengan cita rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan membuat dahaga saya hilang setelah berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com