Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Lempah Kuning di Bangka dengan Suasana Pelabuhan Nelayan

Kompas.com - 13/07/2023, 17:03 WIB
Heru Dahnur ,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Jika anda berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung jangan lupa untuk menikmati sajian kuliner khas daerah yaitu lempah kuning.

Salah satu tempat yang bisa anda coba yakni Lempah Kuning Muara di Ketapang, Kota Pangkalpinang. Dari Bandara Depati Amir, warung ini berjarak sekitar empat kilometer.

Rumah makan dengan konsep prasmanan ini menyajikan berbagai varian lempah kuning dengan lauk yang bisa dipilih langsung dari stok seafood yang segar. 

Menu yang bisa dipesan antara lain, Lempah Kuning Ikan Tenggiri, Lempah Kuning Kakap, Lempah Kuning Cumi, Ikan Bakar dan Cumi Goreng Tepung.

Baca juga:

Resep Lempah Kuning Ikan Tenggiri Khas Bangka, Pakai Nanas biar Segar

Sementara minuman yang tersedia relatif sama dengan rumah makan lainnya. Yakni ada buah kelapa muda, jus alpukat, ice lemon tea dan es jeruk.

Untuk lalapannya, pengunjung bisa meracik sendiri aneka sayuran yang terdiri dari daun singkong, kemangi, petai, terung dan mentimun.

Kemudian ada berbagai sambal khas Bangka yakni sambal terasi, sambal saos tomat, balacan, dan sambal rusip. Bahkan saat ini juga tersedia sambal saos padang yang dijamin bakal memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Pengunjung memilih sendiri lauk untuk lempah kuning di warung lempah kuning muara pelabuhan ikan Ketapang, Pangkalpinang, Selasa (11/7/2023).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pengunjung memilih sendiri lauk untuk lempah kuning di warung lempah kuning muara pelabuhan ikan Ketapang, Pangkalpinang, Selasa (11/7/2023).

Salah seorang pengunjung bernama Cyntia mengatakan, warung Lempah Kuning Muara nyaman untuk dikunjungi karena konsumem bisa memilih langsung lauk mentah yang akan dimasak.

Selain itu suasananya terasa lebih alami karena berada di kawasan pelabuhan.

"Makan di sini bisa melihat kapal nelayan yang mondar-mandir, ada juga sedang bongkar ikan," ujar Cyntia kepada Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Cyntia mengaku kerap makan bersama di Lempah Kuning Muara. Selain bersama rekan kerja, Cyntia juga datang saat momen liburan bersama anggota keluarga.

"Kalau sama anak-anak, mereka suka lihat kapal nelayan," ujar Cyntia.

Baca juga: Resep Mie Ayam Bangka Pakai Kuah Kaldu

Harga setiap menu yang ditawarkan di Lempah Kuning Muara berkisar Rp 40.000 sampai Rp 60.000.

Harga menu per porsi hanya dihitung dari lauk mentah yang dipilih sendiri para pengunjung. Sementara lalapan dan aneka sambal serta nasi bisa dipadukan sepuasnya tanpa biaya tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com