Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Barista Indonesia Menang di Kompetisi Cupping Kopi Dunia

Kompas.com - 11/07/2023, 17:05 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar baik datang dari dunia perkopian Indonesia. Mandie Soengkono berhasil menempati peringkat kedua ajang World Cup Tasters Championship 2023.

Kompetisi itu diadakan di Yunani pada 22-24 Juni 2023. Menampilkan wakil barista dari berbagai negara dunia dan Mandie menjadi satu-satunya perempuan di babak final.

"Sejak 2014 sudah ada perwakilan Indonesia. Terakhir ada yang lolos sampai babak delapan besar," ujar Mandie saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Perlombaan ini terbagi menjadi beberapa babak. Mulai dari babak 16 besar, babak 8 besar, hingga tersisa 4 besar di akhir pertandingan.

Mandie melawan wakil dari Australia, Ukraina, dan Yunani pada babak final. Sebenarnya, skor Mandie sama dengan juara pertama World Cup Tasters Championship 2023 Young Baek. 

Keduanya sama-sama berhasil menjawab benar tujuh dari delapan gelas kopi yang dilombakan. Namun, ada selisih waktu satu menit di antara keduanya.

Cupping kopi secara umum bertujuan untuk mengidentifikasi rasa kopi dan kemungkinan adanya kerusakan pada kopi.

Rangkaian World Cup Tasters Championship 2023 sama seperti kompetisi cupping pada umumnya.

"Pada saat lomba Cup Tasters sendiri, para kompetitor akan membedakan kopi. Ada delapan set di atas meja, setiap set ada tiga gelas kopi. Ada dua kopi yang sama dan satu kopi berbeda di setiap set," jelas Mandie.

Tugasnya adalah menentukkan satu kopi yang paling beda, kemudian memajukannya ke depan.

Bila terdapat tanda di bawah gelas, berupa warna atau lingkaran, itu berarti jawaban kompetitor sudah benar.

Baca juga:

Juara Indonesia Champion 2023

Mandie Soengkono andie Soengkono berhasil menempati peringkat kedua ajang World Cup Tasters Championship 2023.DOK. Specialty Coffee Association of Indonesia via Mandie Soengkono. Mandie Soengkono andie Soengkono berhasil menempati peringkat kedua ajang World Cup Tasters Championship 2023.

Proses panjang dilewati Mandie sebelum maju ke kompetisi cupping kopi dunia ini. Ia memenangi Indonesia Cup Tasters Champion 2023 yang diadakan pada Mei lalu di Jakarta.

Kompetisi nasional itu memang menjadi syarat utama perwakilan negara maju ke lomba dunia. 

"Saya main di Regional Barat, persiapan sekitar satu hingga satu setengah bulan sebelumnya. Lanjut terus latihan ke tingkat nasional Mei 2023," tutur Mandie.

Barista yang sudah menekuni dunia perkopian sejak 2015 ini mempersiapkan diri mulai Maret untuk menghadapi kompetisi cupping kopi nasional.

Ia berlatih mengenali ragam kopi yang dilombakan selama jangka waktu tersebut. Mulai dari jenis hingga profil roasting-nya.

"Karena kita kan tidak tahu pada saat tanding itu yang dilombakan tipe kopi seperti apa," ujar Mandie.

Menurutnya, tidak ada perbedaan signifikan antara Cup Tasters di Indonesia dan tingkat dunia.

Mandie tak merasa ada tekanan selama berkompetisi, justru mendapatkan motivasi tambahan saat bertanding di kancah dunia.

Kini, Mandie fokus mengurus bisnis kopi Fugol Coffee Roasters di Bandung bersama rekan-rekannya.

Ia berencana mengirim rekan Fugol Coffee Roasters lain untuk berkompetisi di tahun berikutnya.

"Kepikiran untuk kompetisi lagi, tetapi paling gantian dengan teman-teman dari Fugol, saya jadi pendukung tim saja karena memang kompetisi membawa vibes positif buat kita semua. Kita akan mendapat motivasi baru, ada sesuatu yang dikejar," ungkap Mandie.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com