Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Makanan Khas Betawi untuk Ramadhan di Hotel Aryaduta Semanggi

Kompas.com - 24/02/2024, 08:10 WIB
Aska Bagus Aldika,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rangkaian aneka makanan khas betawi yang lezat akan hadir di Porta Venezia, hotel Aryaduta Suites Semanggi selama Ramadhan 2024.

Menu buffet Ramadhan dengan tema “Semanggi Night Market” yang mengangkat seluruh kuliner khas Betawi mulai dari makanan pembuka, inti, dan penutup.

Kamu bisa mencicipi makanan dan minuman otentik betawi, di antaranya asinan betawi, nasi ulam, soto betawi, gabus pucung, bir pletok, dan aneka camilan.

Kompas.com berkesempatan langsung untuk mencicipi makanan khas betawi tersebut, Jumat (23/2/2024).

Mulai dari makanan pembuka, saya mencoba asinan betawi yang kaya akan tekstur terdiri dari selada, kol, tauge, tahu putih, timun, kacang tanah, kerupuk mie dan kerupuk merah.

Baca juga:

asinan betawi yang sangat menyegarkan dengan cita rasa asam, pedas dan manisAska Bagus Aldika asinan betawi yang sangat menyegarkan dengan cita rasa asam, pedas dan manis

Asinan betawi ini cocok dijadikan makanan pembuka atau takjil karena ringan dan menyegarkan dengan cita rasa asam, pedas sekaligus manis yang dapat menambah nafsu makan saat berbuka puasa.

Masuk ke makanan utama, saya mencicipi nasi ulam dengan gabus pucung dan ayam goreng laos.

Nasi ulam yang lembut dengan wangi yang aromatik dari campuran bumbu dan rempah menyatu dengan berbagai lauk yang disediakan.

Gabus pucungnya mudah dimakan karena tidak memiliki banyak duri dan tidak ada aroma amis ikan sama sekali.

Justru, memiliki aroma rempah yang kuat dan aroma kluwek yang menonjol. Penggunaan kluwek (pucung) membuat sajian ini gurih dan sempurna dipadukan dengan nasi ulam.

Sementara untuk ayam goreng laos dipotong dalam ukuran kecil, sehingga membuat tekstur agar kering. Namun demikian, cita rasa ayam goreng laos ini gurih dan aromatik karena menyerap bumbu hingga kedalam daging.

Ditambah lagi dengan remahan bumbu dan rempah ayam goreng laos yang menambah asin dan gurih, cocok dimakan bersama nasi ulam yang aromatik.

Baca juga:

Resep Nasi Ulam Betawi, Cuma Tumis Bumbu Pakai 3 Bahan

Resep Sayur Gabus Pucung Bumbu Kluwek Khas Betawi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com