Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekwan khas Palembang, Camilan Berkuah yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 17/03/2024, 15:31 WIB
Aji YK Putra,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kota Palembang, Sumatera Selatan, memang terkenal banyak memiliki kuliner khas, salah satunya adalah tekwan.

Tekwan yang berbentuk bundar dan kecil ini terbuat dari bahan baku ikan dan tepung tapioka. Dalam penyajiannya, tekwan pun disiram dengan kuah kaldu dari udang sehingga memiliki cita rasa gurih dan cocok sebagai menu berbuka puasa.

Salah satu tempat menemukan kuliner Tekwan di Kota Palembang adalah Dapur Mince. Owner Dapur Mince Palembang, Mirna Uliana mengatakan, proses pembuatan tekwan tidaklah sulit.

Baca juga: Resep Tekwan Ikan Kenyal dengan Kuah Gurih Sedap

Bahan baku utama berupa ikan giling disiapkan sebanyak 500 gram. Kemudian, ikan giling tersebut dicampurkan dengan 400 gram tepung tapioka bersama dua butir putih telur dan 300 ml air mineral.

Lalu, untuk membuat rasanya lebih menguat, disiapkan empat siung bawang merah dan bawang putih bersama buah pala serta merica serta ditambah dengan garam kaldu dan gula.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

"Adonan tekwan yang sudah jadi kemudian dibuat dibuat bulat dengan tangan dan direbus menggunakan air mendidih," kata Mirna di Palembang, Sabtu (16/3/2024).

Tekwan yang matang, dapat terlihat setelah pentol yang direbus tersebut naik ke atas permukaan. Setelah matang, penyajian pun disiapkan dengan memasak kuah tekwan.

Tekwan bening dan kaldu

Menurut Mirna, di Palembang sendiri kuah tekwan terdapat dua jenis yakni bening dan kaldu udang.

Baca juga: Beda Tekwan dan Model, 2 Makanan Berkuah Khas Palembang

Untuk kuah bening, biasanya menggunakan rempah-rempah berupa daun bawang, daun sup, garam jamur, bengkoang, dan bunga sedap malam.

"Namun, kalau untuk kuah udang disisipkan 10 gram kepala udang dan dicampurkan rempah-rempah sehingga rasanya lebih gurih," sambung Mirna.

Owner Dapur Mince Palembang, Mirna Uliana sedang mendemonstrasikan cara memasak tekwan makanan yang bisa disajikan sebagai menu berbuka puasa, Sabtu (16/3/2024).KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA Owner Dapur Mince Palembang, Mirna Uliana sedang mendemonstrasikan cara memasak tekwan makanan yang bisa disajikan sebagai menu berbuka puasa, Sabtu (16/3/2024).

Untuk satu porsi tekwan, Mirna menjualnya dengan harga Rp 8.000 untuk kuah bening dan Rp 10.000 kuah udang.

Selain itu, Dapur Mince juga menyediakan tekwan frozen yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh saat berkunjung Palembang.

Baca juga: Resep Tekwan Ikan Tenggiri Khas Palembang, Pakai Kuah Kaldu Udang

"Untuk frozen dijual Rp 35.000 paket itu sudah termasuk bumbu kuah, jadi penyajiannya bisa secara instan,"katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com