Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2024, 18:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa resep kue tertentu hanya membutuhkan kuning telur sehingga menyisakan putih telur dalam jumlah tidak sedikit.

Jika sayang untuk membuang sisa putih telur, kamu bisa mengolahnya menjadi sejumlah hidangan, salah satunya telur dadar.

Kamu dapat pula menyimpannya untuk keperluan nanti. Lantas, bagaimana cara menyimpan telur putih mentah? Apakah telur putih mentah bisa dibekukan di freezer?

Baca juga: 

Bekukan putih telur mentah di wadah es batu

Cetakan es batuPEXELS.COM/NATALIYA VAITKEVICH Cetakan es batu

Dikutip dari The Spruce Eats, Selasa (27/2/2024), putih telur mentah bisa dibekukan. Caranya, tempatkan putih telur tersebut ke wadah cetakan es (ice cube tray). Cara ini bisa untuk telur berukuran kecil dan besar. 

Setelah menuang putih telur ke masing-masing kompartemen, masukkan wadah cetakan es tersebut ke freezer hingga mengeras. 

Langkah selanjutnya, keluarkan putih telur mentah yang sudah mengeras dari kompartemen, lalu tempatkan ke dalam freezer bag atau wadah kedap udara yang aman untuk freezer

Masukkan kembali wadah berisi putih telur mentah beku tersebut ke freezer. Durasinya bisa hingga satu tahun. 

Baca juga:

Jangan lupa beri label 

Ilustrasi putih telur.SHUTTERSTOCK/KHON SUPAN Ilustrasi putih telur.

Untuk memudahkanmu, berilah label di masing-masing wadah untuk putih telur beku di freezer

Di label tersebut, dikutip dari Delish, kamu bisa menuliskan jumlah putih telur dan kapan kamu memasukkannya pertama kali ke freezer

Jika ingin menggunakan putih telur tersebut, kamu bisa mencairkannya semalaman di kulkas. Harap diingat bahwa putih telur yang sudah dicairkan sebaiknya tidak dibekukan lagi. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com