Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Gambang Masuk Daftar Roti Terenak di Dunia Versi CNN 2024

Kompas.com - 20/02/2024, 12:36 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Roti gambang kembali masuk daftar 50 roti terenak di dunia atau (50 of the world’s best breads) versi CNN yang diperbarui pada Senin (19/2/2024).

Bersama roti gambang, roti-roti asal Jepang, Malaysia, India, Belanda, Australia, Italia, dan Perancis, juga masuk daftar yang sama.

Dilansir dari laman CNN, Selasa (20/2/2024), roti dengan taburan biji wijen di atasnya ini mirip dengan gambang kromong, alat musik tradisional Indonesia yang berwarna coklat.

Hal ini juga diungkapkan oleh Budayawan Betawi Yahya Adi Saputra dalam berita Kompas.com yang tayang pada Selasa (19/10/2019).

"Kalau bisa dilihat ketika pabrik perusahaan roti di Batavia maka bentuk yang dipilih salah satunya bentuk seperti bilah-bilah gambang dalam gambang kromong, coba lihat bilah-bilah gambang kromong, nah itu inspirasinya," jelas Yahya.

Bila banyak yang tak mengenal roti gambang, wajar saja. Pasalnya, roti ini termasuk jadul karena dianggap sebagai peninggalan Belanda.

Baca juga:

Ilustrasi roti gambang atau dikenal roti ganjel rel. SHUTTERSTOCK/ RinaOkta Ilustrasi roti gambang atau dikenal roti ganjel rel.

Bentuknya yang agak pipih dan memanjang, membuat roti gambang mirip dengan ontbijtkoek, roti khas Belanda.

Hanya saja, bahan utama ontbijtkoek berupa terigu, dulu diganti dengan tepung singkong, lalu gula pasir diganti dengan gula jawa.

Selain bahan utama tersebut, roti gambang juga dibuat dengan tambahan rempah, seperti kayu manis, kapulaga, dan biji pala.

Ketiganya, terutama kayu manis, menjadi bumbu wajib yang membuat roti gambang tercium harum, bahkan saat dipanggang.

Roti ini juga dikenal dengan sebutan roti ganjel rel. Alasannya, roti gambang memiliki bentuk mirip ganjalan rel kereta api.

Kini, roti gambang tak mudah ditemukan di toko roti biasa. Umumnya, roti peninggalan Belanda ini tersedia di toko roti legendaris, khususnya di Jakarta dan Semarang.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com