Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Musim Dingin Khas Korea, Rekomendasi Kimbab Family

Kompas.com - 29/01/2024, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Musim dingin telah tiba di Seoul, Korea Selatan. Kimbab Family, keluarga multikultural Indonesia-Korea yang aktif mengisi konten di YouTube menikmati street food khas musim dingin.

Melalui unggahan video terbaru, Kimbab Family mengajak Keluarga Online (sapaan penonton Kimbab Family) menjelajahi Kota Seoul untuk mencari street food pilihan mereka. 

Dari tujuh jajanan yang dibeli Kimbab Family, makanan favorit Suji adalah dalgona, Yunji memilih sib-won-ppang (kue 10 won), sementara Jio lebih suka eomuk.

Berikut tujuh rekomendasi jajanan khas musim dingin di Korea Selatan pilihan Kimbab Family.

Baca juga:

1. Dalgona

Permen gula tradisional khas Korea, terbuat dari campuran gula pasir dan baking powder yang dipanaskan sampai meleleh hingga menjadi karamel. 

Biasanya dalgona akan dicetak dengan berbagai pola menarik, seperti persegi, segitiga, dan pola payung.

2. Bubble hotteok

Pancake yang mengembung dengan isian gula dan biji wijen. 

Hotteoknya besar dan kering. Isinya gula, cinnamon dan biji wijen yang hitam harganya 2.000 Won (Rp 26.000),” kata Mama Gina.

Baca juga: 3 Cara Membuat Hotteok Camilan Korea, Tips dari Penjual

3. Gyeran ppang (Kue telur)

Ilustrasi gyeran bbang, roti telur korea yang bisa kamu buat di rumah dengan bahan sederhana.DOK.SHUTTERSTOCK/NavyBank Ilustrasi gyeran bbang, roti telur korea yang bisa kamu buat di rumah dengan bahan sederhana.

Gyeran adalah telur dan Ppang adalah roti. Jajanan ini berbentuk lonjong dan berongga, rasanya manis, gurih, dan terdapat telur utuh di dalamnya. 

“Dulu, banyak yang jual seperti ini di sekitar perumahan, tapi sekarang tidak ada. Harus ke tempat wisata dulu baru ada,” ungkap Appa Jay.

Baca juga: Resep Acar Lobak Korea, Cocok untuk Makan Nasi atau Mi Instan

4. Bungeoppang

Roti berbentuk ikan ini cocok dinikmati saat musim gugur dan dingin. Terdapat banyak varian isi seperti kacang merah, coklat, ubi manis, keju, dan krim. 

“Bentuknya kecil, dalamnya ada yang kacang merah dan krim. Kalau Suji sukanya yang krim aja,” ujar Mama Gina

5. 10 won ppang (kue 10 won)

Sib-won-ppang adalah roti berbentuk uang koin 10 won Korea. Dibuat dengan adonan tepung dan perisa vanilla, diisi dengan keju mozarella lumer yang dapat ditarik panjang.

6. Dakkochi (sate ayam)

Makanan jalanan khas Korea Selatan yang terdiri dari potongan daging ayam dan daun bawang yang dipanggang dengan tusuk sate. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com