Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kopi Butter dan Bagaimana Cara Minumnya?

Kompas.com - 29/01/2024, 09:08 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi butter merupakan minuman kopi yang disajikan dengan butter di atas permukaan kopi dan memiliki rasa sedikit pahit, serta rasa gurih dari potongan mentega. 

Minuman ini bisa ditemukan di Jakarta Selatan, salah satunya terletak di Bibi Kelinci Kemang, yang dibuat dengan biji kopi robusta dan campuran mentega.

Baca juga: Panduan Pesan Kopi dan Teh di Kopitiam, Namanya Unik

Hidangan minuman kopi butter di Bibi Kelinci menawarkan dua varian, mulai dari rasa manis dengan tambahan susu atau gula, dan rasa pahit dari kopi aslinya.

“Kita harus sesuaikan juga dengan lidah pelanggan kita, makanya kita buat dengan dua macam, yang tanpa gula maksudnya tidak manis atau yang manis” kata Kevin Pramushinto Co-Founder Bibi Kelinci.

“Kopi butter aslinya pahit, karena menyesuaikan orang Indonesia, mangkanya rasanya disesuaikan ada yang manis” ungkapnya.

Baca juga: Cara Membuat Telur Setengah Matang ala Kopitiam Singapura

Kopi butter yang asli, dibuat dengan kopi hitam yang diseduh dengan air panas, lalu dicampur oleh minyak kelapa murni, serta potongan butter di dalamnya, tanpa pemanis tambahan.

“Kopi itu pun ada hubungannya dengan diet produk sebenarnya, karena khasiatnya itu kasih gizi pencernaan yang baik” tuturnya.

Tips minum kopi butter

1. Jangan diaduk

Saat minuman kopi butter tiba, kamu tidak perlu mengaduknya dengan sendok. Kamu perlu menunggu butternya perlahan meleleh ke dalam kopi, kemudian bisa langsung kamu minum saat kopi masih panas.

Baca juga: Kisah Salah Satu Kopitiam Tertua di Singapura, Killiney Kopitiam dari 1919

“Di Indonesia, belum cukup luas mengenai kopi butter. Kopi butter memang butternya itu melelehnya pelan pelan dan ketika diminum itu masih berbentuk kotak butternya” kata Nabila Obrien, Founder Bibi Kelinci.

Minum kopi butter yang sebenarnya ialah tanpa diaduk, namun kebanyakan masyarakat mengaduknya sesuai dengan selera mereka.

Sebaiknya butter didiamkan saja di atas permukaan kopi, agar temperatur panas kopi tersebut yang akan melelehkan butternya perlahan.

2. Sajikan kopi butter dengan camilan

Kopi butter dapat kamu sajikan dengan tambahan camilan, seperti butter kaya toast dan telur ayam kampung setengah matang.

Baca juga: Resep Butter Coffee ala Kopitiam untuk Sarapan

Kamu dapat menggunakan camilan butter kaya toast untuk menghasilkan rasa manis tambahan.

Cocolkan butter kaya toast dengan telur setengah matang, dan minum kopi butter panas saat memakan camilan tersebut.

Baca juga: Resep Kopi Mentega ala Kopitiam Singapura, Kopi Gu You

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com