Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Pelaku UMKM Bogor Ramaikan Festival Kuah Nusantara di Lippo Plaza Ekalokasari

Kompas.com - 28/01/2024, 08:31 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Bagi Anda pencinta kuliner masakan khas Nusantara, tak ada salahnya mengunjungi Kota Bogor, Jawa Barat.

Sebab hingga tanggal 4 Februari 2024 mendatang, digelar pesta kuliner bertema Festival Kuah-kuah Nusantara. Acara tersebut diadakan di Mal Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat.

Dalam festival kuliner ini, lebih dari 40 jenis masakan berkuah bakal disajikan untuk memanjakan lidah pencinta kuliner.

Baca juga: Resep Taoge Goreng, Bikin Sarapan Khas Bogor 

Ada Soto Betawi Haji Agus Barito, Mie Kocok Bandung Marika, Cuanki Bandung Mang Udin, Pempek Sriwijaya Jelambar, Bakso Babat Salatiga Agung, dan Bakwan Malang Wapo.

Kuliner berkuah lainnya adalah Mie Ayam Bangka Mak Cun, Sayur Lodeh Khas Rumah Kopi Klotok Jogja, Tongseng & Rawon Arema, Garang Asem ndeso, Empal gentong Ibu Sumiasih, dan tak lupa kuliner kuah khas bogor, yaitu Soto Mie Bogor Mang Ohim.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Sambut Tahun Baru Imlek

Mall Director Lippo Plaza Ekalokasari Bogor Aji Widiarto mengatakan, festival kuliner ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan dalam menyambut Imlek (Lunar New Year) dan juga untuk memperkenalkan ragam kuliner berkuah yang dikenal masyarakat luas.

"Tema festival kali ini diambil karena memasuki musim hujan. Sajian makanan berkuah menjadi pilihan yang sangat sesuai sebagai penghangat dan kudapan di kala hujan," ungkap Aji, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Resep Wedang Jeruk Kelapa, Minuman Hangat Saat Musim Hujan

Aji menambahkan, festival kuliner ini menjadi agenda tahunan yang digelar Lippo Ekalokasari Bogor.

Aji berharap, lewat acara tersebut pula pihaknya dapat ikut membantu para pelaku UMKM di bidang kuliner untuk terus mengembangkan usahanya.

Beragam makanan disajikan dalam event Bogor Food Festival yang digelar di Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Sabtu (1/7/2023).KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Beragam makanan disajikan dalam event Bogor Food Festival yang digelar di Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Sabtu (1/7/2023).

"Kami melanjutkan kegiatan ini untuk terus melayani dan menjadikan Lippo Ekalokasari Bogor sebagai pusat perbelanjaan dan juga tujuan wisata kuliner," katanya.

Pihaknya juga berharap para pelaku UMKM yang bergabung dalam kegiatan ini dapat terus mengembangkan bisnisnya dengan terus meningkatkan kualitas dan sajian makanan, serta mampu bersaing dengan ragam dan jenis kuliner lainnya.

Sajikan kuliner Nusantara

Aji mengungkapkan, selain masakan berkuah, festival kuliner ini juga menyajikan hidangan Nusantara lainnya, seperti Nasi Jamblang Ibu Sumiasih dari Cirebon.

Baca juga: Resep Sup Ayam Jamur Jahe, Sup Sehat dan Hangat untuk Musim Hujan

Kuliner nusantara lainnya yaitu, Nasi Tutug Oncom Djakarta, Nasi Kapau Juragan, Pempek Sriwijaya Jelambar, Oseng Mercon Kedai Sae, Ayam Betutu Bukit Pecatu, Nasi Goreng Kuning Arema, Kwetiaw Alas Daun, Nasi Kebuli Karju, Gudeg Mbah Prodjo, Bakso Goreng Bobo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com