Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2024, 13:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pencinta dessert manis seperti roti bakar atau cheesecake, mungkin kamu tidak asing dengan marmalade. Jenis lain dari selai buah yang satu ini, dibuat dengan menggunakan kulitnya sehingga cita rasanya khas.

Namun, apa ya bedanya dengan jenis selai yang biasanya dijual di minimarket atau toko roti?

Baca juga:

Ilustrasi marmalade, selai jeruk yang dibuat dengan kulitnya.DOK.SHUTTERSTOCK/ewelina thepphaboot Ilustrasi marmalade, selai jeruk yang dibuat dengan kulitnya.

Bedanya marmalade dengan selai buah

Dilansir dari laman The Spruce Eats, selai buah biasanya dibuat dari campuran buah yang dihauluskan kemudian ditambahkan dengan gula pasir.

Hasilnya, selai terasa manis yang cukup menonjol. Berbeda dengan marmalade yang hanya terbuat dari buah jeruk dengan potongan kecil atau besar dari kulintya.

Marmalade biasanya memiliki tekstur yang lebih padat karena penggunaan kulitnya yang membentuk selai lebih tebal mirip dengan jeli.

Ilustrasi selai jeruk, marmalade yang bisa dibuat di rumah. DOK.SHUTTERSTOCK/Nitr Ilustrasi selai jeruk, marmalade yang bisa dibuat di rumah.

Ditambahkan dari laman MasterClass, marmalade biasanya digunakan untuk mengawetkan buah jeruk agar bisa tahan lebih lama.

Dilansir dari laman Delighted Cooking, marmalade tidak hanya bisa digunakan sebagai olesan roti panggang tetapi juga bumbu perendam atau saus bumbu di beberapa negara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com