Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Baswedan Santap Camilan di Ambon, Ada Pisang Asar dan Talam Sagu

Kompas.com - 16/01/2024, 13:49 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Calon Presiden Indonesia nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan bersama istrinya, Fery Farhati, menyantap aneka camilan saat berkunjung ke Ambon beberapa waktu yang lalu. Hal ini dibagikan Anies melalui cuitan di akun twitter pribadinya @aniesbaswedan.

"Kemarin saat di Ambon, kami sarapan pagi di Toko Istana Roti dan Es Hilyah Bakery," tulis Anies, Selasa (16/1/2024).

Anies menyampaikan saat di Ambon ia dan sang istri menyantap kuliner lokal seperti pisang asar, kue yahudi, dan talam sagu, sembari ditemani secangkir kopi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Kuliner khas Ambon

Dikutip dari Antara, talam sagu dan pisang asar kenari ialah salah satu kue tradisional khas Maluku yang punya cita rasa gurih manis.

Baca juga: Resep Bika Ambon Mini, Lebih Praktis untuk Dijual

Talam sagu dibuat menggunakan bahan dasar sagu lempeng dan gula merah, sementara pisang asar kenari dibuat dari pisang dan kenari. Kudapan ini kerap disajikan sebagai kue wajib pada saat acara tertentu di Maluku.

Pisang asar khas AmbonANTARA FOTO/ARIS MUNANDAR Pisang asar khas Ambon

Salah satu penjual talam sagu dan pisang kenari di Ambon bernama Sasrir mengatakan bahwa cara membuat talam sagu termasuk mudah.

Proses pembuatan talam sagu dimulai dengan merendam sagu lempeng beberapa menit. Setelah ditiriskan dan dicampur dengan gula merah, santan, serta rempah khas Maluku.

Sedangkan untuk membuat kue pisang asar kenari, pisang yang digunakan ialah pisang raja. Mulanya pisang dibelah dua lalu ditaburi kenari, susu, dan telur.

Baca juga: Resep Bika Ambon untuk Hampers Natal

Setelah itu pisang diasar atau diasapi sekitar 40 hingga 60 menit mengunakan api sedang hingga matang.

Kue yahudi

Selain dua kuliner tersebut, Anies juga menyantap kue yahudi. Dikutip dari Kompas.com (2/5/2021) kue yahudi ialah kue bertekstur lembut dengan aroma kapulaga. Biasanya, kue ini dicari oleh masyarakat Kota Ambon saat bulan puasa.

Kue Yahudi. Panganan asal Ambon@InstafoodMaluku Kue Yahudi. Panganan asal Ambon

Warnanya kuning pucat berpadu dengan warna coklat. Bentuknya serupa kue bolu, dibuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, mentega, vanila dan bubuk coklat.

Baca juga: Resep Perkedel Khas Ambon, Bikin Tanpa Kentang

Bedanya dari kue bolu, kue yahudi menggunakan tambahan kapulaga, dan waktu pembuatannya terhitung lama, yakni hingga dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com