Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Susu Kental Manis Bukan Susu, Apakah Benar?

Kompas.com - 21/12/2023, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, terdapat isu yang menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen, yakni apakah susu kental manis bukan susu?

Isu itu berkembang cepat karena produk olahan susu sapi ini cukup populer dijadikan bahan pelengkap makanan dan minuman masyarakat, tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Langsung menanggapi isu tersebut, mari kita bahas fakta tentang apakah susu kental manis bukan susu, mulai dari sejarah, manfaat, regulasi, hingga kenapa produk ini bisa begitu populer.

Benarkah susu kental manis bukan susu?

Merujuk Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) Nomor 21 Tahun 2016, susu kental manis (SKM) adalah produk olahan susu.

Dalam peraturan tentang Kategori Pangan, susu kental manis dijelaskan sebagai produk yang dibuat dengan menghilangkan sebagian air dari susu kemudian menambahkan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Baca juga: Apa Benar Susu Kental Manis Bukan Susu? Ini Jawabannya

BPOM menempatkan susu kental manis ke dalam sub kategori susu kental dan analognya sebagai salah satu sub kategori dari kategori susu dan hasil olahannya.

Itu berarti, susu menjadi salah satu bahan utama yang terlibat dalam pembuatan susu kental manis. Dari peraturan itu juga dapat disimpulkan bahwa susu kental manis dapat dianggap sebagai produk olahan susu.

Hal yang perlu diingat adalah produk olahan susu ini tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia lima tahun (balita) karena masih memerlukan air susu ibu (ASI) untuk proses tumbuh kembang.

Sejarah pembuatan susu kental manis

Agar lebih paham bahwa isu susu kental manis bukan susu adalah hal yang tidak tepat, mari kita melihat sejarah pembuatannya.

Pada 1851, seorang penemu dari Amerika Serikat (AS) bernama Gail Borden menciptakan metode untuk menghasilkan produk yang sekarang dikenal sebagai susu kental manis.

Baca juga: Susu Kental Manis Bukan Susu? Fakta dan Sejarahnya di Asia

Ide Gail adalah mengatasi ketahanan susu segar yang rentan rusak, khususnya selama perjalanan panjang atau penyimpanan jangka panjang.

Kemudian, dia mengembangkan metode yang melibatkan pengurangan kadar air dalam susu dan penambahan gula sebagai bahan pengawet alami.

Metode itu menghasilkan sirup kental yang manis dan tahan lama. Proses yang Gail lakukan juga mampu memperpanjang masa simpan susu dan memberikan alternatif yang lebih praktis saat digunakan untuk bepergian.

Alasan susu kental manis sangat populer

Sejak Gail mengenalkan pembuatan susu kental manis, produk olahan susu ini lalu dimanfaatkan sebagai bahan pangan dalam Perang Sipil di AS.

 Susu kental manis adalah produk olahan susu yang cocok sebagai topping pada menu sarapan.DOK. Pixel-shot Susu kental manis adalah produk olahan susu yang cocok sebagai topping pada menu sarapan.

Tak berselang lama, SKM menuai popularitas dan berkembang ke seluruh dunia pada abad ke-20, termasuk ke Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com