Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar Susu Kental Manis Bukan Susu? Cek di Sini

Kompas.com - 27/10/2023, 08:45 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Susu kental manis (SKM) merupakan salah satu bahan pangan yang sangat populer dan lekat dengan beragam kuliner Indonesia. Produk ini kerap dijadikan bahan pelengkap untuk beragam kreasi makanan yang dapat meningkatkan cita rasa dan selera makan.

Namun, belakangan ini muncul anggapan bahwa susu kental manis bukan susu, benarkah demikian?

Berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 21 Tahun 2016, susu kental manis merupakan produk olahan susu yang mengandung nutrisi dan kalori sehingga baik untuk dijadikan pelengkap makanan yang bermanfaat untuk membantu pemenuhan energi.

“Berdasarkan standar keamanan pangan internasional (Codex), SKM adalah produk yang mengandung susu dan baik digunakan sebagai pelengkap sajian,” kata Kepala BPOM Penny Lukito.

Oleh karena itu, asumsi susu kental manis bukan susu kurang tepat, sebab produk ini merupakan olahan susu yang aman dikonsumsi. Produk ini memiliki kandungan 130 kilokalori (kkal) dan beragam nutrisi lain yang baik untuk melengkapi kebutuhan gizi manusia.

Baca juga: Kisah Para Ibu Tunggal Capai Kemandirian Berkat Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag

Kalori adalah salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, kalori menghasilkan tenaga yang diandalkan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Pemenuhan energi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan secara teratur, salah satunya dengan tidak melewatkan sarapan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 bahwa kebutuhan kalori yang dibutuhkan manusia adalah 2.100 kkal per hari.

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa asumsi mengenai susu kental manis bukan susu merupakan hal yang kurang tepat. Hal ini karena SKM bisa disajikan sebagai pelengkap atau topping untuk membantu memenuhi asupan gizi harian.

Apalagi kini, sudah banyak menu sarapan yang dikreasikan dengan susu kental manis dan menjadi makanan yang lezat. Kehadiran hidangan sarapan ini sekaligus mematahkan rumor susu kental manis bukan susu yang tidak aman dikonsumsi.

Baca juga: Pelatihan untuk Perempuan Pelaku UMKM Kuliner dari Frisian Flag Indonesia

1. French toast

French Toast cocok disajikan dengan susu kental manisDOK. WPixz French Toast cocok disajikan dengan susu kental manis

French toast adalah hidangan berbahan dasar roti berlapis telur yang disajikan dengan berbagai topping pelengkap dan kemudian dipanggang hingga matang.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan tekstur yang garing di luar tetapi lembut di dalam.

Proses pembuatan French toast cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu sehingga cocok menjadi menu sarapan di pagi hari.

Dilansir dari Cookpad, berikut resep French toast dengan topping SKM yang praktis dan lezat.

Bahan:

  • 2 potong roti tawar
  • 1 butir telur
  • 50 ml susu putih UHT
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Mentega
  • Susu kental manis

Baca juga: Berkat Program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag, Dua Ibu Ini Sukses Kembangkan Usaha Kuliner

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com