Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Lobak dan Cara Olahnya, Sering Dijadikan Acar

Kompas.com - 20/12/2023, 22:03 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Lobak merupakan sayuran yang memiliki bentuk mirip seperti wortel namun lebih besar, dan warnanya lebih umum putih.

Lobak memiliki beberapa jenis seperti lobak merah, lobak hijau, lobak hitam, dan lobak hijau yang dapat diolah menjadi tongcai, acar, atau salad.

Simak jenis lobak dan cara mengolahnya berikut ini, dikutip dari majalah "Saji / ED 409 APR 2018" (2018) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Lobak merah

Lobak merah merupakan tanaman akar yang memiliki ciri khas rasa manis dan pedas. Berbentuk silinder membulat dan bagian kulit luarnya berwarna merah.

Lobak merah bisa dimakan mentah, atau diolah menjadi masakan atau acar. Lobak merah umumnya juga dihidangkan sebagai salad.

Minyak dalam lobak merah dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

2. Lobak hitam

Seperti lobak merah, lobak hitam juga kerap disajikan sebagai bahan salad. Lobak hitam dikenal memiliki ciri khas baunya yang tajam.

Selain warna kulit luarnya hitam legam, namun bagian dalamnya putih. Lobak hitam juga bisa dimakan mentah dan bisa dibuat acar.

3. Lobak hijau

Sesuai namanya, lobak hijau memiliki kulit luar berwarna hijau dan bentuknya mirip dengan lobak putih.

Lobak hijau mengandung jumlah klorofil dan juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang cukup tinggi, dan antioksidan kuat.

4. Lobak ungu

Lobak ungu memiliki bentuk dan ukuran yang lebih panjang dibandingkan jenis lobak lainnya. Rasa lobak ungu pedas dengan sedikit sentuhan manis.

Lobak ungu memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, juga bermanfaat baik dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah.

5. Olahan lobak

Lobak umumnya dibuat untuk tongcai, yaitu lobak yang diasinkan. Tongcai disajikan sebagai pelengkap atau taburan pada mi ayam atau bubur.

Lobak juga diolah menjadi takuan atau acar khas Jepang yang terbuat dari lobak dikeringkan. Selanjutnya lobak diasinkan dan dikeringkan dengan potongan memanjang disebut chaipo.

Majalah "Saji / ED 409 APR 2018" (2018) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli online di Gramedia.com.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com