Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kue Berbentuk Papan Loncat Indah Menang Penghargaan di Paris

Kompas.com - 14/12/2023, 08:08 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Sebuah kue opera berbentuk diving platform atau papan loncat indah berhasil memenangkan Pastry Grand Prix di Paris.

Kue tersebut dinobatkan sebagai kue terbaik, yang dirancang menyerupai papan loncat indah berwarna abu-abu di atas kolam biru berkilau.

Baca juga:

Mengutip CNN Travel, kemenangan ini ditentukan oleh tujuh juri, yang terdiri dari para chef pastry, perwakilan industri, warga lokal Paris, serta dipimpin oleh chef pastry legendaris asal Perancis, bernama Pierre Herme.

Sesuai dengan nama “The Diving Opera”, pemenang Pastry Grand Prix kali ini diciptakan oleh chef pastry berbintang Michelin, yang bernama Raamin Samiyi.

Grand Prix tahun ini mengunsung tema sporting values atau nilai-nilai pada olahraga. Tema ini juga sejalan dengan persiapan Paris menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade musim panas mendatang.

Kompetisi bergengsi ini dapat diikuti oleh semua toko pastry, bakery, hotel, dan restoran di Paris. Namun, setiap toko atau kelompok hanya dapat mengirimkan satu kandidat.

Selain itu, peserta harus menggunakan setidaknya satu bahan yang dibudidayakan atau diproduksi di Perancis.

Jajaran kue yang ikut berlomba dalam Pastry Grand Prix 2023 di Paris.Dok. CNN Jajaran kue yang ikut berlomba dalam Pastry Grand Prix 2023 di Paris.

Pastry yang diikutsertakan juga harus dikonsep khusus untuk Grand Prix, dapat diproduksi, serta dijual secara komersial di toko peserta.

Dua belas pastry yang masuk babak final mewakili berbagai pastry Perancis favorit dunia, seperti opera, saint-honore, eclair, dan lemon tarte.

Penilaian ini dilakukan berdasarkan lima faktor, yaitu rasa, teknik, kreativitas, kualitas bahan, dan estetika.

Selain kue berbentuk papan loncat indah, terdapat kue yang menarik perhatian juri, yaitu kue berbentuk peluit dengan isian kopi dan cokelat.

Kue ini menarik perhatian Wakil Walikota Paris, Nicolas Bonnet-Oulaldj, yang juga menjadi salah satu ketua juri tersebut.

Namun hasil kemenangan tersebut diraih oleh kue berbentuk platform selam ciptaan Samiyi. Dalam kemenangan ini Samiyi mendapatkan penghargaan, serta mendapat kursi di juri Grand Prix tahun depan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com