Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butter Sheet 2 Kg dari Perancis Hadir di Pasaran, Cocok buat Pastry

Kompas.com - 02/11/2023, 15:07 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Elle & Vire Professionnel meluncurkan Select Butter Sheet, produk mentega terbaru yang menyasar para profesional pastry chef, bakers, dan pengusaha di Indonesia.

"Select Butter Sheet dua kilogram memang ditujukan untuk laminating saat membuat croissant menggunakan mesin dough sheeter," kata Nessy Meghayani, Country Manager Savencia Indonesia, dalam acara peluncuran Elle & Vire Professionnel Select Butter Sheet, Rabu (1/11/2023).

Produk mentega keenam dari Elle & Vire Professionnel ini dibuat dari susu premium, mengandung 84 persen kadar lemak, dan ideal untuk digunakan membuat croissant, puff pastry, danish pastry, dan viennoiseries & feuilletages.

Tingkat kelenturan dan teksturnya disesuaikan dengan konsistensi yang dibutuhkan adonan pastry.

Meskipun menyasar para profesional koki dan industri, Nessy mengatakan, tidak menutup kemungkinan memakai butter sheet ini untuk produksi pastry rumahan.

Baca juga:

Produk mentega dari Elle & Vire® Professionnel. Kompas.com/Krisda Tiofani Produk mentega dari Elle & Vire® Professionnel.

Lembaran mentega bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan untuk membuat aneka pastry di rumah.

"Kebutuhan jenis mentega berbeda-beda karena kandungan lemaknya berbeda. Kali ini, ukurannya lebih keras biar bisa dicampur dengan tepung dan adonan pastry," tutur Nessy.

Kevin Zwygart, Pastry Chef La Maison de I'Excellence Savencia, menyampaikan bahwa hal paling penting dalam membuat adonan pastry adalah menjaga suhu mentega.

Mentega biasa memiliki titik leleh lebih rendah, sulit menjaga tekstur adonan pastry di suhu ruangan.

"Select Butter Sheet lebih fleksibel, tahan di ruang bersuhu 30-31 derajat, membantu setiap lapisan croissant terbentuk dengan baik saat melipat adonan," ujar Kevin.

Sebab, menurut koki asal Perancis itu, kesuksesan croissant dan pastry lainnya bergantung dengan mentega yang digunakan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com