Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Rebus Ubi Jalar agar Warnanya Cerah dan Empuk

Kompas.com - 05/12/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Punya ubi jalar di rumah? Ada cara merebus ubi jalar agar warnanya cerah dan teksturnya mudah empuk. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada tips merebus ubi jalar untuk berbagai olahan makanan atau bisa dinikmati secara langsung. Simak cara mengolahnya yang tepat berikut ini. 

Baca juga:

1. Cara pilih ubi jalar

Dilansir dari laman Real Simple, pilih ubi jalar dengan kulit yang halus. Pastikan tidak ada lubang atau bagian yang berair. Pilih ubi jalar yang keras saat ditekan.

2. Bersihkan ubi

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Minggu (06/02/2022), Executive Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo Pian Gunawan menyarankan untuk membersihkan ubi jalar dengan air mengalir.

Sikat perlahan, jika ada sisa tanah atau tanaman yang menempel pada permukaan ubi jalar

3. Jenis potongan ubi jalar

Selanjutnya, tentukan jenis potongan ubi jalar yang diinginkan. jika kamu ingin membuat olahan ubi tumbuk, sebaiknya rebus secara utuh karena lebih menghemat waktu.

Jika kamu ingin menikmatinya langsung, potong ubi jalar dengan ukuran dadu secara merata. Cara ini bisa mempercepat dan membuatnya matang secara bersamaan.

Ilustrasi efek samping ubi jalar yang jarang ketahui.SHUTTERSTOCK/Sasapin Kanka Ilustrasi efek samping ubi jalar yang jarang ketahui.

4. Rendam ubi secara perlahan

Setelah dicuci dan dipotong, rendam dulu ubi. Gunakan takaran air sebanyak di atas satu garis telunjuk jari dari terendamnya ubi.

5. Masukkan sebelum air mendidih

Kamu bisa merebus ubi dari awal, saat airnya masih belum mendidih. Cara ini bisa membuat ubi jalar terlihat lebih carah saat matang.

"Kalau (pakai air dingin), suka ada bulir-bulir kayak batu. Kalau seandainya dijadikan mashed atau pure, gak merata," ujar Pian.

6. Lama waktu merebus ubi jalar

Dalam laman Real Simple, membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk merebus 1,8 kilogram ubi jalar. Tambahkan dengan sedikit garam atau gula untuk menambah cita rasanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com