Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Makan Tengkleng Enak di Solo, Ada yang Buka Sejak 1940

Kompas.com - 10/11/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Piala Dunia U17 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, jika kamu berencana untuk menonton pertandingan sepak bola bergengsi secara langsung.

Jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Solo yang terkenal enak dan legendaris, yaitu tengkleng. Tengkleng merupakan masakan berbahan utama tulang sapi atau kambing yang diracik dengan berbagai rempah dan bumbu.

Kompas.com rangkum sedikitnya ada 10 tempat makan Solo enak yang menawarkan tengkleng lezat dan favoritnya warga lokal.

Baca juga:

1. Tengkleng Solo Bu Jito "Dlidir"

Tengkleng Solo Bu Jito "Dlidir" berada di Jalan Kolonel Sugiyono Nomor 67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta. Buka dari pukul 09.00-13.00 WIB.

Ada satu porsi menu Tengkleng dengan harga mulai dari Rp 30.000-40.000. Selain tengkleng, kamu bisa menikmati olahan daging kambing lainnya seperti sate, tongseng, dan gule.

Kamu bisa makan ditempat atau bungkus dengan harga mulai dari Rp 30.000-60.000 per porsinya. Pesan juga minuman seperti Wedang Beras Kencur, Wedang Jeruk, dan Wedang Gula Asem.

2. Warung Tengkleng Mbak Diah

Warung Tengkleng Mbak Diah berlokasi di Jalan Tanjung Anom, Kwarasan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Tempat makan Solo yang selanjutnya ini, menawarkan menu Tengkleng Goreng, Tengkleng Gongso, dan Tengkleng Kuah dengan harga mulai dari Rp 40.000. Jadi, pengalaman makan akan tengkleng makin banyak dalam satu restoran saja.

Selain tengkleng, kamu bisa pesan menu Sum-sum, Sate Buntel, dan Tongseng sebagai menu pelengkap makan.

3. Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto berada di Jalan Honggowongso Nomor 36, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Buka dari pukul 07.30-20.00 WIB.

Warung makan tengkleng di Solo ini sudah ada sejak tahun 1990. Menyajikan menu olahan daging kambing dengan resep turun temurun.

Selain di Solo, tempat kuliner Solo yang satu ini juga buka di Surabaya, Malang, hingga Jakarta. Ada pun menu masakan yang ditawarkan seperti Tengkleng Rica, Sumsum Rica, Tongseng, dan Gule Masak.

Harga per porsi menu olahan daging kambing di sini mulai dari Rp 45.000-55.000.

4. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi berlokasi di Jalan DR. Radjiman, Kauman, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Buka dari pukul 12.00-15.00 WIB.

Tempat makan legendaris di Solo yang selanjutnya ini sudah ada sejak 1940 an. Salah satu ciri khas tengkleng solo yang satu ini adalah kuahnya yang tidak menggunakan santan. Jadi sekilas mirip dengan sup.

Kamu bisa pesan menu tengkleng kuah dan masak dengan berbagai porsi mulai dari Rp 40.000-50.000.

5. Sate Kambing Pak Narto

Sate Kambing Pak Narto berlokasi di Jalan Kyai Mojo Nomor 121, Pasar Kliwon, Surakarta. Buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu olahan daging kambing seperti Sate, Gulai, Tongseng, Tengkleng, dan Sate Buntel.

Daging kambing yang digunakan dari kambing muda yang empuk dan dimasak setengah matang. Harga per porsi olahan daging kambing mulai dari Rp 30.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com