Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Geoduck atau Kerang Gajah pada Pressure Test MasterChef Indonesia?

Kompas.com - 29/10/2023, 19:34 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta pressure test MasterChef Indonesia musim 11 ditantang mengolah geoduck atau kerang gajah.

Kerang ini mempunyai cangkang lonjong putih dan daging yang mencuat ke luar dengan bentuk seperti belalai gajah. Bagian seperti belalai gajah itu biasanya disebut sifon.

Menurut para juri MasterChef Indonesia musim 11, cara membersihkan kerang gajah harus teliti karena bagian dalamnya banyak pasir.

Kerang gajah biasanya disajikan di restoran masakan China, dapat diolah menjadi makanan matang atau disantap mentah.

Kerang gajah (Panopea generosa) ini banyak hidup di pantai Pasifik (Amerika Utara) dari Alaska selatan hingga Baja California, seperti mengutip MasterClass.

Panjang cangkang kerang gajah dapat mencapai 18 sampai 23 sentimeter, sedangkan panjang sifon bisa sampai 122 sentimeter. Kerang gajah di Pasifik beratnya dapat mencapai 3,7 kilogram.

Baca juga:

Geoduck atau kerang gajah disajikan mentah sebagai sashimi atau sushi. SHUTTERSTOCK/SLEEPLESS TANGLE Geoduck atau kerang gajah disajikan mentah sebagai sashimi atau sushi.

Sifon umumnya disajikan mentah seperti dijadikan sushi atau ceviche khas Peru. Sementara, daging pada bagian dalam cangkang umumnya dimasak jadi sup atau digoreng karena rasanya cenderung lebih kuat.

Tekstur kerang gajah renyah, sedikit kenyal, dan empuk. Sementara, rasa kerang gajah asin layaknya hewan laut dan segar.

Jika ingin menyajikan sifonnya secara mentah, sebaiknya rendam dulu di dalam air mendidih, lalu rendam atau siram dengan air dingin. Hal ini berguna untuk memudahkan menghilangkan kulit sifon kerang gajah.

Selanjutnya, iris tipis sifon dan sajikan bersama sayur mentah yang teksturnya juga renyah dan segar seperti lobak atau seledri.

Kerang gajah juga bisa dimasak sampai matang tetapi perhatikan durasinya karena dagingnya mudah empuk.

Kelamaan memasak kerang gajah dapat membuatnya alot. Kerang gajah cukup ditumis lima sampai 10 detik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com