Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Kari Jepang dari Singapura, Ada Sajian Khusus Dijual di Indonesia

Kompas.com - 23/10/2023, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Restoran kari jepang asal Singapura, Monster Curry resmi dibuka di Indonesia, tepatnya di Mall Grand Indonesia, East Mall Lantai 3A pada Selasa (17/10/2023). 

Restoran kari jepang ini berbeda dengan restoran makanan sejenis lain yang sudah buka di Indonesia. Sebab, pendiri restoran Monster Curry, Raymond Ng menggabungkan rasa masakan jepang dengan masakan Asia Tenggara. 

"Ada 14 jenis sayuran dan rempah yang digunakan untuk masak kari selama dua hari," jelas Raymond saat acara pembukaan Monster Curry di Mall Grand Indonesia, Selasa (17/3/2023). 

Kompas.com berkesempatan mencicipi beberapa sajian andalan Monster Curry, termasuk sajian khusus yang hanya dijual di Indonesia yaitu Beef Stew Curry. 

Sebagai catatan, Monster Curry di Indonesia tidak menjual makanan mengandung babi di Indonesia. 

Sebagai makana pembuka saya menyantap Chicken Karage Salad dan Fried Fish Salad. Porsi salad ini besar dengan berbagai sayuran segar di atasnya diberi topping paha ayam fillet goreng yang sudah dimarinasi dengan bumbu kari. Ini adalah Chicken Karage Salad. 

Selain itu ada juga satu fillet ikan goreng dengan daging lembut dan terasa masih segar. Salad dapat dinikmati dengan pilihan saus beruba wijen, caesar, atau shoyu

Baca juga:

Porsi salad ini besar cocok dibagi untuk dua sampai tiga orang. Saking jumbo porsi saladnya, sebenarnya makan salad dengan topping lauk besar sudah cukup kenyang untuk makan siang. 

Lanjut ke makanan utama, saya menikmati Beef Stew Curry. Sajian ini terdiri dari kuah kari dilengkapi wortel, kentang, dan daging sirloin yang dipotong dadu. 

Saya awalnya bimbang dapat menghabiskan kari ini, karena hadir piring saji berukuran besar, lebih kurang 35 sentimeter. 

Namun ketika diperhatikan, porsi nasi masih tampak normal atau tidak memenuhi seluruh piring. Porsi terbanyak jatuh pada kuah kari. 

Curry Beef Stew di Monstee Curry. Kompas.com/Silvita Agmasari Curry Beef Stew di Monstee Curry.

Kuah kari ini punya cita rasa unik seperti yang disampaikan pemiliknya sebelumnya, yaitu perpaduan rasa kari jepang dan makanan asia tenggara. 

Tekstur kuah kari di Monster Curry ini sama kentalnya dengan kebanyakan curry glaze jepang lain. 

Namun ada cita rasa rempah yang lebih ketara ketika tercium, dikunyah, dan masuk tenggorokan, ketimbang kari jepang lain.

Cita rasanya gurih-manis, cocok disantap dengan topping lauk, nasi jepang pulen, dan fukujinzuke (acar lobak jepang). 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com