Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Susu Fermentasi Berikut ini Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 21/10/2023, 07:03 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Jauh sebelum probiotik mengambil alih industri kesehatan, masyarakat sudah melakukan fermentasi produk susu.

Menurut Journal of Dairy Science, proses fermentasi ini disebut kultur, menjaga produk susu tetap aman sebelum disimpan di lemari es karena tingkat keasamannya tinggi.

Fermentasi susu ini ternyata memiliki manfaat kesehatan, salah satunya yoghurt dapat meningkatkan respons kekebalan dan antiinflamasi dalam tubuh.

Simak lima makanan susu fermentasi yang baik untuk kesehatan, dikutip dari laman Livestrong.com, berikut selengkapnya.

Baca juga:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang populer, dibuat dengan membiakkan susu dengan bakteri pembentuk asam laktat Lactobacillus bulgaricus, dan Streptococcus thermophilus.

Biasanya ditambahkan strain bakteri tambahan Lactobacillus dan Bifidobacterium yang bermanfaat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Meskipun yoghurt mengandung gula dalam bentuk laktosa, secara alami terdapat dalam produk susu. Namun, sebaiknya tidak memilih yoghurt dengan tambahan gula.

2. Keju

Tidak semua jenis keju difermentasi, carilah kultur aktif hidup pada label, apakah keju mengandung probiotik agar dapat merasakan manfaat kesehatannya.

Keju hasil fermentasi terdiri dari keju cottage, krim keju, dan ricotta. 

Keju memiliki lemak jenuh yang tinggi, namun jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat.

3. Krim asam

Krim asam dibuat dengan mengasamkan krim pasteurisasi dengan bakteri penghasil asam laktat, dan setidaknya memiliki kandungan 18 persen lemak susu.

Krim asam memiliki manfaat yang sama dengan susu fermentasi lain yang baik untuk kesehatan usus tetapi tinggi lemak dan kalori, untuk itu konsumsi secukupnya.

4.  Buttermilk

Meminum buttermilk dapat memberikan efek menguntungkan pada tekanan darah.

Menurut jurnal Nutrition, para peneliti mencatat bahwa buttermilk mengandung membran globul lemak susu yang memiliki protein bioaktif unik.

Para partisipan penelitian yang meminum buttermilk menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan darah arteri.

5. Kefir

Kefir berasal dari Eropa Timur, kefir mirip dengan yoghurt namun bisa langsung diminum. Kefir memiliki kultur hidup dan aktif yang dapat membantu pencernaan.

Kefir juga mengandung protein, kalsium, dan vitamin B, memiliki sifat penurun kolesterol serta antibakteri dan antijamur.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com