Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Archipelago Food Festival ke-29 Digelar di Cikarang, Tomahawk Jadi Sorotan

Kompas.com - 20/10/2023, 16:12 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - Archipelago Food Festival (AFF) digelar ke-29 di Harper Hotel Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (19/10/2033).

Sebanyak delapan koki dari jaringan hotel Archipelago berkolaborasi dalam membuat sajian utama berupa steak tomahawk dan beragam makanan pendampingnya.

"Menu utama yang menjadi bintangnya adalah tomahawk. Kami juga membuat side dishes yang mengarah ke sajian jepang dan korea," kata A.S Windoe, Corporate Executive Chef of Archipelago International.

Windoe bersama Friska Utami, General Manager of Harper Cikarang, sengaja memilih tomahawk sebagai sorotan karena merujuk pada tamu hotel yang didominasi oleh ekspatriat.

Selain itu, Windoe menilai, makanan asia juga digemari banyak orang. Baik itu kuliner asal Indonesia, Jepang, Korea, hingga China.

Baca juga:

Hindari 3 Kesalahan Masak Steak di Rumah, Bikin Daging Cepat Kering

5 Bagian Daging Sapi yang Enak Dijadikan Steak

Tomahawk dinilai paling cocok untuk konsep AFF ini, di mana makanan sudah disusun dalam set menu. Mulai dari salad hingga dessert.

Steak tomahawk disajikan dalam ukuran besar untuk satu meja. Windoe mendatangi meja tamu dan mengiris langsung potongan daging sapi premium ini.

"Tomahawk ini juga lagi tren dan ekspatriat di sini lebih suka menikmati makanan sharing, sambil kerja atau berdiskusi sehingga muncul ide menyajikan tomahawk untuk sharing," jelas Windoe.

Set menu AFF Harper Hotel Cikarang terdiri dari Roasted Sisig Bone Marrow, Pomelo Salad, Corn and Lemongrass Soup with Guacamole Jalapeno Bruschetta, dan Australian Tomahawk Black Angus.

Dilanjutkan dengan Padang style Prawn Scampi, Braised Beef Brisket Ras El Hanout Tagliatelle, Lime Sorbet, dan Mango Mousse.

Baca juga: Jangan Langsung Makan Steak Setelah Dimasak, Mengapa?

Kenalkan kuliner lokal

Sajian Braised Beef Brisket Ras El Hanout Tagliatelle di acara Archipelago Food Festival (AFF) digelar ke-29 di Harper Hotel Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (19/10/2033).Kompas.com/ Krisda Tiofani Sajian Braised Beef Brisket Ras El Hanout Tagliatelle di acara Archipelago Food Festival (AFF) digelar ke-29 di Harper Hotel Cikarang, Jawa Barat pada Kamis (19/10/2033).

Gelaran AFF berlangsung satu hari setiap periodenya. Harga per orang untuk menikmati makanan di festival ini adalah ratusan ribu rupiah, tergantung hotel.

Khusus AFF Harper Hotel Cikarang, harganya dibanderol Rp 608.000++ per orang untuk satu set menu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com