Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Tempat Makan Enak di Medan, Cocok untuk Wisata Kulineran

Kompas.com - 03/09/2023, 11:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

 

KOMPAS.com - Ada panduan seputar tempat makanan enak di Medan, Sumatera Utara yang bisa kamu coba ikuti. 

Rekomendasi tempat makan di Medan ini menawarkan aneka menu masakan legendaris hingga yang kekinian. Selain itu, kamu juga bisa menikmati aneka menu minuman tradisional yang bikin pengalaman kulineran semakin mengesankan. 

Baca juga:

1. Nasi Goreng Warung Wakaka

Warung Wakaka beralamat di Jalan H. Adam Malik Nomor 36. Sajian nasi goreng yang terkenal di sini adalah nasi goreng buntut.

Buntut sapi memiliki tekstur lembut dan tidak amis. Rasa nasi goreng di sini terkenal gurih dan pedas, dengan cita rasa yang menyatu sempurna dengan daging buntut sapi.

2. Kedai Kopi Apek

Kedai kopi legendaris ini berdiri sejak 1923. Tempat ini didirikan oleh Thia Tjo Lie atau yang lebih dikenal dengan sebutan Apek.

Nama Apek diambil dari bahasa Tionghoa yang artinya kakek.

Melansir artikel Kompas.com, kopi susu panas menjadi salah satu minuman andalan Kedai Kopi Apek.

Secangkir kopi tradisional ala kopitiam tua begitu kuat rasanya.

Kopi susu panas ini lebih sedap disajikan dengan irisan roti tawar atau telur setengah matang khas Kedai Kopi Apek.

3. Lontong Kak Lin

Menu sarapan lontong sayur di kalangan warga medan sangat diminati. Bila ingin sarapan lontong sayur yang enak, kamu bisa mampir ke Lontong Kak Lin.

Sajian lontong kak lin dijual beserta pilihan lauk seperti telur, ayam goreng dan rendang. Tempat ini juga menjual menu lain berupa lontong pecel, nasi gurih, dan jajanan ringan.

Beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 8M, Kota Medan, tempat ini buka dari pukul 07.00 WIB.

4. Papa Kerang

Kamu pencinta seafood bisa coba datang ke Papa Kerang. Papa Kerang berlokasi tepat di toko roti Majestik, di Jalan Sutomo Ujung Nomor 102.

Papa Kerang buka setiap hari mulai pukul 18.30-24.00 WIB.

Kamu bisa menikmati aneka seafood segar seperti kerang dan tiram rebus yang jika dipadukan dengan saus bumbu nanas serta kecap dan sambal, rasanya akan semakin nikmat.

5. RM Soto Sinar Pagi

Jika kamu ingin makan soto saat sedang di Medan, kamu bisa langsung menuju RM Soto Sinar Pagi. Rumah makan ini berdiri sejak 1960an dan menyediakan varian soto sapi atau ayam.

“Kisaran harga Soto Sinar Pagi Rp 45.000 seporsi. Ada nasi putih, soto daging, dan perkedel,” tutur Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Utara, Kus Hendro, saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

RM Soto Sinar Pagi terletak di Jalan Sei Deli, Silalas, Kota Medan. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB.

6. Bakso Amat

Bakso Amat berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 112, Hamdan, Medan Maimun, Kota Medan. Buka dari pukul 08.00-22.00 WIB.

Tempat makan bakso di Medan ini bisa kamu kunjungi. Ada menu Bakso Mie Putih, Bakso Mie Kuning, Bakso Kosong, Bakso dan Daging dengan harga mulai dari Rp 27.000-30.000.

7. Ucok Durian

Ucok Durian terkenal sebagai pelopor tempat makan duren dengan tempat nyaman di Medan.

Kamu bisa menemukan varian durian manis dan pahit di sini, hanya perlu meminta kepada penjual yang sudah mahir memilih durian sesuai selera konsumen.

Durian di sini juga terkenal dengan kualitasnya. Jangan khawatir, kamu bisa menukar durian jika kurang puas dengan isi duriannya.

Selain buah durian utuh, Ucok Durian juga aneka olahan durian, seperti pancake durian dan durian kupas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Ucok Durian berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 30-32, buka dari 08.00-00.00 WIB.

8. Nasi Goreng Kolong

Makanan andalan dari warung ini adalah nasi goreng kampung yang dimasak tanpa kecap. Nasi goreng dilengkapi teri dan banyak cabai rawit.

Disebut nasi goreng kolong karena dulunya penjual berjualan di bawah bangunan.

Alamat Nasi Goreng Kolong di Jalan Brigjend Katamso Nomor 253e.

9. Kopi Tiam Ong

Kalau kedai kopi ini didirikan pada 1968. Di kedai kopi ini kamu bisa menikmati sajian kopi unik.

Beberapa di antaranya Kopi Tarik Halia, Kopi Aged Monsoon Gajo, Kopi Toebroek, Kopi Alpoekat Kotjok, dan masih banyak lagi.

Di sini juga bisa menikmati nuansa kedai ala rumah kuno Tionghoa.

Ragam camilan juga disajikan untuk pengunjung seperti Pisang Goreng Saos Karamel, Kroket, Oebt Kayoe, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengeluarkan kocek kira-kira Rp 18.000 hingga Rp 22.000 untuk segelas kopi. Kopi Tiam Ong berada di Jalan Doktor Mansyur No. 39, Medan.

10. Warung Nasi Gurih Tenda Biru Mona/ Nenek

Warung Nasi Gurih Tenda Biru Mona dikenal juga sebutan Nasi Gurih Nenek, beralamat di Jalan KL Yos Sudarso Nomor 73F, Medan. Buka sejak pukul 08.00 WIB.

Warung ini menjual nasi gurih dengan pilihan lauk mulai dari rendang daging sapi, ayam goreng, ikan goreng, telur balado, sate telur puyuh dan perkedel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com