Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Archipelago Food Festival ke-26 Digelar di Subang, Ayam Kampung Jadi Menu Utama

Kompas.com - 30/07/2023, 21:09 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Archipelago Food Festival (AFF) kembali digelar untuk ke-26 kalinya di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

Sebanyak 13 koki dari hotel di bawah naungan Archipelago berkolaborasi untuk menyiapkan 90 menu makanan dan minuman.

"Kami mengangkat ayam kampung sebagai menu utama karena di sini saya melihat olahannya terbatas dengan bakar atau goreng. Kami mengkombinasikan menu sesuai dengan tamu yang datang ke sini, seperti sup ayam korea," jelas A.S Windoe, Corporate Executive Chef Archipelago International dalam konferensi pers AFF ke-26 di Favehotel Pamanukan, Sabtu (29/7/2023).

Ayam kampung menjadi salah satu ternak unggulan di Pamanukan, diolah menjadi menu lokal dan internasional pada AFF kali ini.

Pasalnya, Windoe melihat bahwa sebagian besar tamu hotel merupakan ekspat asal Korea dan Jepang.

Menu AFF ke-26 ini terdiri dari Ayam Bakar Klaten, Sate Ayam, Ayam Goreng, Choux Puff Pulled Chicken, Smoked Chicken Pizza, Chicken Yakitori, Chicken Dynamite, hingga Sup Ayam Gingseng Korea.

Archipelago Food Festival (AFF) kembali digelar untuk ke-26 kalinya di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).Kompas.com/Krisda Tiofani Archipelago Food Festival (AFF) kembali digelar untuk ke-26 kalinya di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

Membutuhkan waktu dua bulan bagi para koki untuk menyusun menu olahan ayam kampung lebih menarik.

Menurut Windoe, mengolah ayam kampung lebih sulit daripada ayam broiler. Teksturnya yang liat membuat ayam ini perlu dimasak lebih lama.

Windoe bekerja sama dengan koki dari Favehotel Pamanukan, Hotel Aston Pasteur, Hotel Harper Cikarang, Hotel Harper Purwakarta, Favehotel Subang, Favehotel ITC Glodok, dan Corporate Pastry Chef Archipelago.

Kemudian Hotel Harper M.T Haryono, Hotel Aston Imperial Bekasi, dan Hotel Aston Cirebon.

Tamu hanya perlu merogoh kocek Rp 150.000 untuk menikmati makanan pembuka hingga sajian penutup di AFF yang digelar selama sehari pada jam makan malam ini.

"Berikutnya, AFF akan dilakukan di Harper Hotel Cikarang. Tujuannya selain para koki sudah menguasai produk itu, kami juga memberikan edukasi pada staf lokal. Setelah acara ini, kami mengharapkan ada acara berikutnya dengan produk yang sama," ungkap Windoe.

Baca juga:

Festival makanan Archipelago dilaksanakan sejak 2021

Archipelago Food Festival (AFF) kembali digelar untuk ke-26 kalinya di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).Kompas.com/Krisda Tiofani Archipelago Food Festival (AFF) kembali digelar untuk ke-26 kalinya di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

Festival makanan Archipelago sudah dimulai sejak 2021. AFF bermula dari kompetisi antar koki.

"Jadi, semua koki dikumpulkan untuk membuat satu makanan dalam black box. Sejalan dengan waktu, mereka berusaha untuk membuat festival makanan sekalian," ujar Sari Kusumaningrum, Director of Corporate Communications & PR Archipelago International.

AFF dimulai di kawasan Central dan East, mencakup Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Sukses dengan tahap pertama hingga keempat, Archipelago menerima kesan positif dan permintaan AFF berulang dari hotel lainnya.

Acara yang mulanya digelar dalam dua hingga tiga bulan sekali ini kemudian diadakan lebih sering, yakni hampir satu bulan sekali.

"Jadi populer dan tidak hanya untuk mempromosikan makanan lokal, tetapi dulu kami juga menyajikan makanan internasional. Tahun ini, kami ingin lebih menyajikan makanan Indonesia," kata Sari.

Archipelago masih terus menggelar setidaknya tujuh festival makanan hingga akhir 2023 nanti.

Baca juga:

@my.foodplace Foodlovers pasti gak asing sama menu Ayam Bakar. Tekstur yang empuk, bumbunya meresap, bikin perut jadi laper banget ???? Nah, kali ini Foodplace mau bagiin resep Ayam Bakar Solo yang gampang banget cara bikinnya ?????? Resep ini bisa jadi ide menu makan malam keluarga juga loh. Yuk, langsung aja simak resep berikut ini! Ayam Bakar Solo 200 gram ayam 1 buah Jeruk nipis 1 sdt Garam ½ sdt Lada 5 siung Bawang merah 3 siung Bawang putih 1 sdt Ketumbar 2 butir Kemiri 1 sdt Kaldu bubuk ½ sdt Gula 5 buah Cabai merah keriting 3 buah Cabai rawit merah Minyak secukupnya 100 ml Air kelapa 3 sdm Kecap manis olesan: kecap margarin Jangan lupa follow @my.foodplace agar kamu update terus menu enak lainnya! #ayambakar #ayambakarsolo #menukeluarga #kompascom #foodplace #serunyabelajar ? SWIPE - ALYPH

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com