Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2023, 08:08 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempe merupakan bahan makanan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain dikonsumsi, ternyata tempe juga bisa dibuat menjadi masker wajah. 

Wida Winarno, Co-Founder Indonesia Tempe Movement, mengatakan bahwa salah satu enzim yang terdapat di tempe dapat mencegah terbentuknya kerusakan kulit oleh sinar matahari. 

“Kalau orang klaim bleaching itu memutihkan, tapi kalau ini menghambat terbentuknya pencoklatan kulit akibat sinar matahari,” ujar Wida saat ditemui Kompas.com, Selasa (27/06/2023).

Baca juga:

Selain itu, Wida mengatakan bahwa sama halnya dengan alpukat, tempe juga punya zat gizi tinggi yang bagus untuk kulit.

Lantas bagaimana cara membuat masker dari tempe? Simak ulasan berikut.

Cara membuat masker dari tempe

Cara membuat masker wajah dari tempe pun mudah. Bahan yang kamu butuhkan hanya tempe dan air. 

Pertama, tempe dihancurkan hingga bertekstur halus. Setelah itu, tambahkan air hangat secukupnya. Aduk sampai tekstur tempe menjadi bubur. 

 ilustrasi tempe.SHUTTERSTOCK/Lidya Elfa ilustrasi tempe.

Baca juga:

“Oleskan ke seluruh permukaan wajah. Tidak perlu lama-lama, cukup tunggu selama 10 menit sampai kering. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih,” lanjut Wida. 

Gunakan masker wajah tempe ini minimal seminggu sekali. 

Wida menambahkan, pakai bagian tempe yang tidak terbuka atau terpapar dengan udara. Kamu dapat menggunakan bagian tengah tempe yang masih terlapisi dengan daun. 

“Khawatirnya, kalau pakai tempe yang terbuka, kita tidak tahu apakah tempe tersebut sudah tercemar atau belum,” tutup Wida. 

@my.foodplace Saatnya akhir pekan, quality time bareng keluarga besar. Siapa nih yang setiap Minggu punya jadwal kumpul bareng keluarga? Biar makin akrab, kita bikin hidangan simple untuk keluarga. Yuk cobain resep tempe mendoan yang simple tapi enak banget. Bisa jadi hidangan simple untuk keluarga ataupun jadi ide jualan yang laris manis, loh???? #fyp #tempemendoanviral #resepmasakanrumahan #mendoanviral ? Dino Song

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com