Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2023, 11:33 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Kolak biji salak menjadi salah satu takjil favorit banyak orang yang biasa dijual di pasar Ramadhan. Bahan utama biji salak adalah ubi baik ubi kuning, merah, maupun ungu.

Kamu dapat membuat sendiri kolak biji salak di rumah kemudian dikemas di dalam gelas plastik. Selanjutnya, kamu bisa menjual takjil kolak biji salak di depan rumah.

Selain itu, kolak biji salak cocok dijadikan takjil untuk dibagikan ke masjid atau warga yang membutuhkan. Pasalnya, harga bahan kolak biji salak terjangkau.

Pneasaran cara membuat kolak biji salak? Simak resep dari Foodplace berikut.

Baca juga:

Resep kolak biji salak

Bahan kolak biji salak

  • 500 gram ubi kuning, kupas
  • 3 sdm tepung sagu
  • 500 gram gula merah, sisir
  • 1 liter air
  • 500 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan

Baca juga:

Cara membuat kolak biji salak

  1. Kukus ubi kuning sampai empuk. Angkat. Masukkan ke dalam mangkuk sedang. Tumbuk ubi sampai halus.
  2. Campur tepung sagu dengan ubi tumbuk. Uleni adonan sampai kalis. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Letakkan di atas piring.
  3. Siapkan panci. Masukkan gula merah dan air. Rebus sampai gula larut. Masukkan bola-bola ubi. Masak sampai matang. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk.
  4. Siapkan panci bersih. Tuang santan kental; tambahkan garam dan daun pandan. Aduk dan rebus sampai mendidih. Angkat. Tuang ke mangkuk berisi biji salak. Sajikan kolak biji salak dengan bubur sumsum.
@my.foodplace ??Resep Kolak Biji Salak?? Takjil yang satu ini gak mungkin diskip sih.. Sekarang, kamu juga bisa buat makanan ini untuk keluarga lho.. Bikinnya juga gampang, sekaligus bisa jadi kegiatan ngabuburit! Yuk cobain bikin! Kolak Biji Salak 500 gram ubi 3 sdm tepung sagu 500 gram gula merah 1 liter air 500 ml santan kental 1/2 sdt garam 1 lembar daun pandan #resepbijisalak #bijisalak #kolakbijisalak #reseptakjil #serunyakulinerbareng ? Puasa Yok! - DJ Keblinger$

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com