Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Atasi Lapis Surabaya Bantat dan Tidak Menempel

Kompas.com - 30/03/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Lapis surabaya merupakan salah satu oleh-oleh andalan kota Pahlawan. Kue ini memiliki tiga lapis dengan olesan selai disetiap lapisnya. 

Cara membuat lapis surabaya terbilang gampang-gampang sulit. Perlu kesabaran dan keterampilan agar hasilnya memuaskan. Teknik dalam membuat lapis surabaya empuk dan padat adalah dengan mengombinasikan sponge cake dan butter type cake. 

Dilansir dari majalah Sedap / ED 02 2015 terbitan Gramedia, simak penjelasan seputar cara membuat kue lapis surabaya agar tidak bantat dan susunannya menempel. 

Baca juga:

1. Gunakan mentega dingin

Dalam majalah tersebut menyarankan untuk menggunakan mentega dingin sebelum dikocok.  Pada saat proses kocok adonan, mentega tidak mencair. 

2. Kocok telur harus kental 

Pastikan untuk mengocok telur sampai mengental dan mengembang sehingga udara yang masuk ke dalam adonan lapis surabaya cukup banyak. Udara yang masuk ke dalam adonan bisa menghindari lapis surabaya tidak bantat. 

3. Aduk telur dan tepung secara lembut 

Pengadukkan telur dan tepung harus dilakukan sampai lembut. Namun, kamu perlu melakukannya secara cepat agar udara yang ada di dalam adonan tidak keluar. 

4. Kocok mentega sampai teksturnya ringan 

Sebelum mencampurkan mentega dengan telur, kocok mentega hingga teksturnya ringan. Hal ini untuk memudahkan pengadukkan selanjutnya jadi lebih merata. 

5. Lepas kulit kue

Cara membuat kue lapis surabaya agar menempel adalah dengan melepaskan kulit kue pada permukaan yang akan menempel. 

Ilustrasi kue lapis surabaya yang biasa dijadikan oleh-oleh.DOK.SHUTTERSTOCK/Edgunn Ilustrasi kue lapis surabaya yang biasa dijadikan oleh-oleh.

6. Aduk selai terlebih dahulu 

Kamu bisa melakukan pengadukkan selai terlebih dahulu agar mudah dioleskan ke permukaan kue lapis surabaya. Pastikan kamu menggunakan selai yang tidak kurang atau tidak lebih. 

7. Balik posisi kue

Tips membuat lapis surabaya yang selanjutnya adalah balik posisi kue hingga bagian atasnya di letakkan di bawah. Dengan begitu kue menjadi lebih rata. Tempelkan tiga susun, taruh benda pipih untuk menekan agar lapisan kue melekat sempurna. 

8. Biarkan kue

Setelah kue ditempelkan, biarkan kue sebelum dipotong. Kalau perlu, biarkan selama satu malam agar kue melekat sempurna. 

Majalah Sedap / ED 02 2015 terbitan Gramedia bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com