Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Resep donat jadul ini bisa kamu coba buat untuk ide suguhan atau isian hamper valentine

Ada cara membuat donat empuk dengan sembilan bahan. Kamu bisa mengikuti takaran bahan yang satu ini agar hasilnya sesuai ekspektasi. Sebagai pelengkapnya, terdapat saus cokelat untuk dekorasi donat. 

Pakai bahan seperti dark chocolate dan almond iris yang menambah sensasi makan. Simak resep donat kampung celup saus cokelat dari buku "CHOCOLATE ALA DONA'S DELIGHT Resep Cookies, Dessert, Cake, Roti & Kue Kecil Manis" (2018) oleh Riyas Irmadona terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep donat kampung lapis cokelat

Bahan 

  • 200 ml air suam kuku
  • 10 gram ragi
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 65 gram gula pasir
  • Sejumput garam 
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram unsalted butter
  • Vanili secukupnya

Bahan untuk dekorasi

  • 150 gram dark chocolate
  • 75 gram almond iris

Cara membuat donat kampung lapis cokelat

  1. Siapkan mangkuk, beri ragi, gula, dan air. Diamkan selama 5 menit, tunggu reaksinya. Apabila tidak ada reaksi, silakan buang dan ulangi prosesnya. Kemudian masukkan gula, kuning telur, garam, dan vanili, aduk rata. 
  2. Masukkan terigu, uleni sebentar saja hingga menyatu. Masukkan butter, uleni. Bentuk bulatan besar. Istirahatkan adonan sekitar 10 menit. Ambil adonan 45-50 gram, bulatkan adonan hingga menghasilkan permukaan yang halus dan mulus. Istirahatkan kembali sekitar 5-10 menit. 
  3. Siapkan loyang dan alasi dengan serbet dapur yang halus dan bersih. Beri tepung terigu tipis di atasnya. Bolongkan adonan yang sudah bulat tersebut. 
  4. Taruh di atas serbet dan istirahatkan 10 menit. Goreng dengan api sedang dan cukup balik 1 kali saja. Kalau sudah matang, dinginkan dan siram dengan tim cokelat. 
  5. Topping: Lelehkan cokelat hitam dengan cara ditim, celupkan permukaan donat ke dalamnya. Taburkan irisan almond di atasnya. 

Buku "CHOCOLATE ALA DONA'S DELIGHT Resep Cookies, Dessert, Cake, Roti & Kue Kecil Manis" (2018) oleh Riyas Irmadona terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com