Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2022, 09:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Jagung bakar menjadi salah satu menu makanan yang biasa ada di perayaan malam Tahun Baru. 

Cara membuat jagung bakar sebetulnya tidak sulit, hanya saja kalau salah langkah bisa membuat hasilnya kering, terbakar hangus, dan bumbu tidak meresap. 

Oleh karena itu, dilansir dari berbagai sumber Kompas.com rangkum cara membuat jagung bakar enak dengan bumbu olesan yang sedap berikut ini. 

Baca juga:

1. Cara pilih jagung berkualitas

Dilansir dari laman Delish, cara membuat jagung bakar enak yang pertama adalah dengan memilih jagung berkualita baik. Cara pilihnya dengan melihat warna rambut pembungkus jagung.

Pastikan juga kulit jagung yang hijau muda segar. Kamu juga bisa membeli jagung manis karena tidak memerlukan banyak bumbu saat dibakar.

2. Tambahkan sedikit bumbu sebelum dibakar

Dilansir buku "Aneka Olahan dari Jagung" (2019) oleh Habib Bashori terbitan PT Saka Mitra Kompetensi, olesi dengan bumbu seperti cabai, mentega, atau bubuk keju sebelum jagung dibakar.

3. Biarkan pangkal jagung utuh

Kalau kamu ingin membuat jagung bakar utuh, biarkan pangkalnya sebagai pegangan saat hendak membakarnya.

Selain itu, kamu juga bisa jepit jagung dengan menggunakan kawat bersih.

4. Gunakan bara arang yang panas merata

Proses bakar jagung sebaiknya menggunakna bara arang yang sudah dipanaskan sebelumnya, tata merata dalam tempat pemanggang, seperti yang dilansir dari buku "Kreatif Mengolah Jagung" (2010) oleh Taswati Suci Marganingsih terbitan PT Caraka Darma Aksara.

Hal tersebut agar jagung bakar matang secara merata.

5. Bakar jagung dengan kulitnya

Ada cara membuat jagung bakar yang empuk yaitu dengan menggunakan kulitnya. Setelah jagung manis dikupas, tutup dengan kulit dan panggang.

Panggang selama 10 menit untuk membuat hasilnya empuk.

Buku "Aneka Olahan dari Jagung" (2019) oleh Habib Bashori terbitan PT Saka Mitra Kompetensi bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku "Kreatif Mengolah Jagung" (2010) oleh Taswati Suci Marganingsih terbitan PT Caraka Darma Aksara bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com