Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Fruit Cake yang Lembut dan Mengembang

Kompas.com - 23/11/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Fruit cake merupakan salah satu jenis pound cake yang mana dibuat dengan menggunakan gula, telur, dan terigu dengan takaran yang sama. 

Tekstur dari fruit cake adalah sedikit berat, gurih, dan wangi dengan penggunaan butter sebagai tambahan lemak. Kalau kamu ingin membuat fruit cake di rumah, sebaiknya ketahui cara membuatnya agar tidak berujung gagal. 

Dilansir dari buku "Kunci Sukses Pengolahan Adonan Cake" (2020) oleh Suryati Sufiat terbitan Penerbit Syiah Kuala University Press, ketahui tips membuat fruit cake dengan dasar pound cake berikut ini. 

Baca juga:

1. Gunakan takaran buah yang pas 

Fruit cake merupakan kue yang terbuat dari potongan buah seperti sukade. Kalau kamu ingin membuatnya, ada baiknya untuk menggunakan takaran bahan untuk buah sekitar 10-30 persen. 

Sebaiknya, hindari menggunakan takaran bahan lebih dari 30 persen untuk buah dalam membaut adonan. 

2. Proses buah terlebih dahulu 

Ada cara membuat fruit cake tahan lama yaitu dengan menggunakan buah-buahan yang sudah diproses sebelumnya. Seperti menggunakan kismis, kurma, dan sultana yang harus dijemur hingga kering terlebih dahulu. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan nanas, persik, apel, ceri, dan kulit jeruk. Namun, olah dengan menaburi gula pasir. 

Baca juga:

Ilustrasi fruit cake. Dok. Shutterstock/Pinkcandy Ilustrasi fruit cake.

3. Tambahkan kacang-kacangan 

Kamu bisa menghiasi fruit cake dengan irisan kacang sebagai toppingnya. Caranya, iris kacang sesuai selera kemudian taburkan di atas kue sesaat setelah dipanggang. 

4. Olesi dengan gula tebu

Sebelum menaburkan kacang-kacangan, kamu bisa mengolesi bagian atas cake dengan gula tebu agar topping menempel sempurna. 

5. Cara panggang fruit cake

Kamu bisa mengatur suhu oven sekitar 180 hingga 200 derajat celsius. Setelah itu, pastikan api panas stabil dan merata. Selain itu, gunakan cetakan pada sebuah baki ceper dan isi dengan air sekitar 1/4 bagian. 

Cara tersebut untuk menghindari kegosongan di bagian bawah cake dan menstabilkan uap panas dalam oven. 

Buku "Kunci Sukses Pengolahan Adonan Cake" (2020) oleh Suryati Sufiat terbitan Penerbit Syiah Kuala University Press bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com