Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Baker Bikin Ugly Cake, Lebih Sulit dari Kue Biasa?

Kompas.com - 10/10/2022, 15:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren ugly cake atau kue yang sengaja dibuat bentuk tampilan tidak rapi beberapa waktu belakangan menjadi  populer di masyarakat Indonesia.

Hal ini secara tidak langsung tentu berdampak pada para penjual kue, khususnya kue tart costum.

Meskipun namanya ugly cake dan terkesan berantakan, akan tetapi pada kenyataannya proses pembuatan ugly cake justru dinilai sulit oleh para baker.

Baker sekaligus owner toko kue Iris By Ms Michelle Soeryajaya, salah satu baker yang menerima pesanan ugly cake mengatakan pembuatan ugly cake cukup menantang. 

Salah satu kesulitan membuat ugly cake yaitu menyamakan standar jelek dari keinginan costumer dengan kue yang dibuat.

Baca juga: Mengenal Ugly Cake, Tren Kue Kekinian yang Bentuknya Unik

"Awalnya terlihat gampang,  justru ini (bikin ugly cake) lebih susah, loh. Misalnya saat kita bikin yang jelek, kita juga mempertimbangkan apakah costumer ingin yang sejelek itu atau enggak," kata Michelle saat dihubungi oleh Kompas.com pada Jumat (7/10/2022).

Michelle menceritakan saat dirinya membuat salah satu ugly cake dengan riasan kacamata, ia harus mempertimbangkan tingkat kemiringan kaca mata sesuai dengan ekspektasi pelanggan,

Pada mulanya ia mendapat pesanan ugly cake dari pembeli karena tren ini sedang viral di media sosial.

Berangkat dari situ ia mulai mendapat banyak orderan ugly cake dengan beragam bentuk, seperti kue minion hingga cinderella bodong.

Baca juga:

Ilustrasi kue elsa frozen versi ugly cake.Dok. Sekar Wangi Cake Ilustrasi kue elsa frozen versi ugly cake.

Lain kisahnya dengan Ni Kadek Oktari Anggia Sekarwangi, baker sekaligus owner toko kue Sekar Wangi Cake ini menceritakan ugly cake buatannya menjadi salah satu yang viral karena dipesan oleh tokoh publik Fitri Tropica (Fitrop).

"Fitrop emang biasanya juga langganan, cuma biasanya pesen yang rapih. Waktu ulang tahun Sada (anaknya Fitrop), dia minta kue Frozen Elsa dibikin jelek," kata Sekar saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Kamis (6/10/2022).

Sebelum membuat ugly cake, ia sempat bingung dengan konsep "jelek" yang dimaksud. Bahkan setelah kue buatannya jadi, kue tersebut harus diperbaiki karena dinilai masih bagus.

Baca juga:

Sekar menilai proses pembuatan ugly cake dan kue costum biasa punya kesulitan tersendiri.

Menurutnya, proses pembuatan kue kloning yang rapih, punya beban moral yang lebih besar dibanding ugly cake.

"Misalnya kita disuruh bikin kue kloningan, kalau tidak mirip dikit aja, wah itu pasti protes. Jadi kita dituntut harus mirip," katanya.

Sementara untuk membuat ugly cake, baker pada awalnya kesulitan membuat kue versi jelek karena terbiasa membuat kue rapi. 

Namun, Sekar mengakui proses membuat ugly cake dirasa lebih bebas untuk berekspresi. Hal ini karena tujuannya untuk membuat orang senang.

"Kalau ugly cake kita tau ini sesuatu untuk nge-prank, semakin hancur semakin lucu. Jadi kalau disuruh milih, aku lebih milih ugly cake," pungkas Sekar.

Baca juga: Resep Sponge Cake Lembut untuk Kue Ulang Tahun, Hanya 3 Langkah

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com